get app
inews
Aa Read Next : Perceraian Mati, Adat Belitung Timur yang Masih Dipertahankan Masyarakat

Pertamina Sidak SPBU di Beltim Terkait Kelangkaan BBM

Jum'at, 24 September 2021 | 15:30 WIB
header img
Bupati Beltim, Burhanudin dan Sales Branch Manager Pertamina Rayon VI Palembang, Muhammad Agung Afrizal, saat melakukan sidak ke salah satu SPBU. (Foto: Istimewa)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Sales Branch Manager Pertamina Rayon VI Palembang, Muhammad Agung Afrizal mempersilahkan masyarakat untuk menghubungi Pertamina call center 135, jika menemukan adanya kecurangan atau permainan yang dilakukan pihak SPBU. SPBU yang ketahuan curang, akan diberikan sangsi tegas. 

Hal itu diungkapkan Agung, saat mendampingi Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Beltim, melakukan sidak ke 3 SPBU, yakni SPBU Selinsing, SPBU Padang, dan SPBU Sungai Manggar, Rabu (22/9/2021).

“Kalau ada SPBU nakal, kami akan lakukan penindakan sesuai kontrak kerjaasamanya. Jadi, jika ada yang bermasalah dari pihak SPBU-nya silahkan dilaporkan saja ke kami, kami juga ada call center, 135,” tegas Agung.

Menurut Agung, kelangkaan BBM seharusnya tidak terjadi di Kabupaten Beltim, mengingat pasokan BBM sangat lancar, bahkan jumlahnya sudah ditambah. Namun diakuinya, dalam beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan konsumsi BBM di masyarakat.

“Minggu lalu, yakni tanggal 13 sampai 19 September kami juga melakukan penambahan-penambahan suplay ke SBPU. Sebenarnya kalau kami sudah menambahkan stok, berarti sekarang PR-nya menguraikan antrian di SBPU untuk meredam kelangkaan BBM,” ungkap Agung.

Sebelum turun sidak, Agung sebelumnya turut hadir dalam Rapat Forkopimda yang membahas terkait kelangkaan BBM di Kabupaten Beltim, di Ruang Rapat Bupati Beltim, dan menyarankan untuk mengatasi kebutuhan petambang, akan dibuka gerai BBM Industri yang berada di lokasi tambang.

“Solusi jangka pendeknya, Gerai BBM Industri yang berada langsung di lokasi tambang, melalui agen BBM Industri yang telah ada, Sukses Patra Persada dan Astika Murni Utama,” kata Agung.

Untuk solusi jangka panjangnya, kata Agung, BBM Industri untuk sektor-sektor usaha yang belum terakomodir, akan disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau pihak-pihak swasta lainnya.

“Untuk konsumen-konsumen kendaraan bermotor tadi, seperti yang tadi diinfokan ibu-ibu atau anak mau sekolah itu bisa mencari di SPBU,” ujar Agung.

Berikut ini hasil dari Rapat Forkopimda Beltim:  

1. Pemerintah Daerah akan berkirim surat kepada Pertamina agar mengakomodir BBM Non Subsidi sesuai dengan permintaan SPBU/APMS.

2. Perlu dilaksanakan kembali pendataan kios kios yang ada di Belitung Timur, dalam hal ini peran Kecamatan dalam mensosialisasikannya kepada Desa setempat.

3. Pemberlakuan Kartu Kendali dan Pembelian di SPBU diberi waktu khusus untuk pelayanan bagi pengecer/pemilik kios, dengan syarat bahwa pengecer harus menjual BBM nya di kios sebagaimana biasanya.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut