get app
inews
Aa Read Next : Hari Jadi Kota Toboali Resmi Ditetapkan, Jadi Kota Tertua di Bangka Belitung

LTJ, Logam Mulia Super Langka yang Lebih Mahal dari Emas, Cadangan Terbesar Ada di Babel

Kamis, 05 Mei 2022 | 21:40 WIB
header img
Tambang timah diduga ilegal beroperasi dekat Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (Foto: lintasbabel.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki cadangan harta karun yang paling diburu negara manapun di dunia. Bukan timah, atau kaolin, tapi logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth. Di Babel, jenis endapan LTJnya adalah LTJ tailing, hasil penambangan timah. Volume endapan tersebut mencapai lebih dari 16,6 miliar meter kubik, sangat luar biasa jika dapat dikelola dengan mandiri oleh anak negeri ini. 

LTJ atau rare earth baru saja ditemukan dan diklaim merupakan 'harta karun' baru milik Indonesia lantaran dianggap lebih mahal dari emas hingga platina.

Menurut Badan Geologi, studi untuk mempelajari kandungan logam ini sudah dimulai sejak 2020. Namun, proses studi dan integrasi datanya belum rampung sehingga potensi pastinya belum bisa diketahui.

LTJ termasuk Critical Raw Mineral (CRM), alias mineral mentah yang sangat penting untuk industri. Karena punya banyak manfaat, nilainya lebih tinggi dari emas dan platina.

“Logam tanah jarang ini sangat penting kaitannya pada beberapa bidang tertentu seperti bidang meterologi untuk pembuatan pesawat luar angkasa, lampu energi tinggi dan semi konduktor. Sehingga logam tersebut sangat mahal, bahkan jauh lebih mahal dibandingkan emas, dan platina,” ujar Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR), Ganden Supriyanto, dilansir IDXChannel, Kamis (5/5/2022). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut