get app
inews
Aa Read Next : Perputaran Uang di Babel saat Rakornas Bapemperda se-Indonesia Tembus Rp25 Miliar per Hari 

Perputaran Uang Selama Lebaran Mencapai Rp42 Triliun

Senin, 02 Mei 2022 | 21:53 WIB
header img
Selama lebaran, diperkirakan perputaran uang dari kota ke daerah mencapai Rp42 triliun.

JAKARTA, lintasbabel.id - Selama lebaran Idul Fitri 1443H, jumlah uang perputaran uang dari kota ke daerah mencapai Rp42 triliun. Hal ini seperti yang diungkapkan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang, Senin (2/5/2022). 

Menurutnya, hal ini dikarenakan animo masyarakat terhadap mudik menggerakan ekonomi daerah dan produktivitas beragam sektor usaha.

"Kita perkirakan akan terjadi perputaran uang di kisaran Rp28 hingga Rp42 triliun selama libur Idul Fitri ini, dengan asumsi jika jumlah yang mudik sekitar 85 juta orang atau rata-rata 28 juta keluarga, dengan membawa minimal Rp1 juta saja," ujar Sarman, ditulis Senin (2/5/2022).

Lebih lanjut, perkiraan uang yang mengalir tersebut setara dengan 25 persen dari uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia untuk kebutuhan Idul Fitri yaitu Rp175,2 triliun, naik 13,42 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Uang tersebut sekitar 58 persen mengalir di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jabodetabek, Banten, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Bali, NTB, dan Maluku/Papua.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut