get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Tegaskan Akan Proses Calo di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok

Hindari Penumpukan Kendaraan, Polisi Maksimalkan Area Kantung Parkir di Pelabuhan Tanjung Kalian

Kamis, 28 April 2022 | 15:54 WIB
header img
Kantong parkir di areal Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat. (Foto: lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Polres Bangka Barat menyiapkan pola untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam menghadapi arus mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Salah satunya, fokus melakukan penguraian antrean kendaraan di luar kawasan pelabuhan, agar tidak menganggu pengguna jalan lain di Jalan Raya Tanjung Kalian.

"Jadi pola skenarionya nanti kami coba untuk memenuhi kantong-kantong parkir yang di sisi-sisi pelabuhan maupun di dalam pelabuhan. Jadi kami menghindari penumpukan kendaraan, agar tidak menganggu lalu lintas, untuk mengurai antrean seperti itu," ungkap Kepala Pos Pengamanan Terpadu Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, IPTU Ogan Arif, Kamis (28/4/2022). 

Sejauh ini hingga H-5 lebaran, jumlah kendaraan yang hendak mengantre di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok sudah mencapai ratusan kendaraan. 

"Kalau untuk kantong parkir di dalam bisa diperkirakan sekitar 300 mobil, kalau di buffer zone ini kurang lebih sekitar 200-an mobil. Kalau sesuai dengan nomor antrean sekarang sudah mencapai 700-an baik kendaraan pribadi maupun truk," tuturnya. 

Sementara, untuk keamanan pemudik berikut kendaraannya, pihaknya kata Ogan, selaku melakukan patroli rutin di area dalam dan luar pelabuhan.

"Untuk keamanan kami juga melakukan patroli di sekitar buffer zone atau kantong-kantong parkir maupun di dalam pelabuhan. Untuk menghindari kejadian pencurian atau sebagainya sama kami juga mencegah orang-orang yang mau nyalip agar tidak menimbulkan keributan," ujarnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut