get app
inews
Aa Read Next : Warga Tionghoa Bagikan 210 Paket Takjil Gratis di Pangkalpinang

Festival Pertengahan Musim Gugur, Makna Berbagi Kue Bulan Bagi Warga Tionghoa

Selasa, 21 September 2021 | 13:22 WIB
header img
Ilustrasi Kue Bulan.

WARGA keturunan Tionghoa, merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur (Mid-Autumn Festival), atau yang lebih dikenal sebagai Mooncake Festival. Acara ini diadakan setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan China. Pada tahun 2021, Festival Pertengahan Musim Gugur, jatuh pada Selasa 21 September 2021.

Masyarakat Tionghoa, umumnya akan mendapatkan libur selama tiga hari, mulai dari 19 - 21 September, untuk merayakan festival ini. Namun, secara tradisional, warga Tionghoa akan mulai mempersiapkan festival mulai dari 1 minggu sebelumnya.

Merangkum dari China Highlights, Selasa (21/9/2021), para pelajar taman kanak-kanak dan sekolah dasar di China akan mengadakan perayaan ini 1 atau 2 hari sebelum hari libur. 

Para siswa didorong untuk membuat lampion untuk dekorasi kelas, berbagi cerita festival dengan teman sekelas, dan/atau membuat makanan festival untuk dibagikan satu sama lain.

Festival Pertengahan Musim Gugur ini, juga merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memberi hadiah yang bagus. Warga Tionghoa dapat membuat kue bulan, atau membelinya sebagai hadiah ke orang lain beberapa hari sebelumnya.

Biasanya, kue bulan ini dikirimkan kepada anggota keluarga, teman, kolega, atau pemimpin mereka selama masa festival.

Festival Pertengahan Musim Gugur juga memiliki sejumlah fakta unik dan menarik. Sebab festival ini selalu dirayakan pada bulan ke-8 hari ke-15 dari Kalender Lunar China, dan selalu jatuh pada bulan September atau Oktober. Menurut kalender lunar China, bulan ke-8 adalah bulan kedua musim gugur.

Pada tanggal 15 setiap bulan kalender lunar, bulan berada pada titik paling bulat dan paling terang, melambangkan kebersamaan dan reuni dalam budaya Tiongkok. Keluarga berkumpul untuk mengekspresikan cinta dengan makan malam bersama, menghargai bulan dengan cara memakan kue bulan.

Fenomena Harvest Moon (Bulan Purnama) secara tradisional diyakini sebagai yang paling terang sepanjang tahun. Bulan 8 hari 15, secara tradisional adalah waktu yang tepat untuk memanen padi. 

Jadi, orang merayakan panen dan menyembah dewa-dewa mereka untuk menunjukkan rasa terima kasih.

Festival Pertengahan Musim Gugur juga dirayakan secara luas, di banyak negara Asia lain selain China, terutama pada negara yang memiliki banyak warga keturunan Tionghoa seperti Jepang, Vietnam, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan.

Tanggal Festival Pertengahan Musim Gugur di negara-negara tersebut, juga sama dengan di China yakni pada 21 September 2021. Namun, Korea Selatan memiliki penanggalan lain, sebab mereka menyebut festival ini dengan sebutan Chuseok, dan lebih mirip Thanksgiving.

Chuseok merupakan salah satu hari libur terbesar Korea Selatan, biasanya dirayakan satu hari sebelum Festival Pertengahan Musim Gugur China. Pada 2021, Chuseok jatuh pada tanggal 20 September.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut