get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo, Danrem 045/Garuda Jaya

Pertama Dalam Sejarah Korps Baret Merah, Ayah dan Anak Jabat Danjen Kopassus

Jum'at, 22 April 2022 | 18:46 WIB
header img
Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo dan Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo. (Foto/istimewa)

JAKARTA, lintasbabel.id - Pertama dalam sejarah, Korps Baret Merah, Kopassus dimana ayah dan anak menjabat Danjen Kopassus.

Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan satuan elite di TNI Angkatan Darat (AD). Sejak dibentuk pada 16 April 1952, Kopassus telah banyak menorehkan tinta emas di medan operasi. Keberhasilannya di setiap palagan membuat Kopassus menjadi satuan yang disegani kawan dan ditakuti lawan. 

Cikal bakal Kopassus sendiri lahir dari Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III Nomor 55/Instr/PDS/52 tanggal 16 April 1952 tentang pembentukan Kesatuan Komando Tentara dan Teritorium III atau Kesko III/Siliwangi. 

Gagasan ini pertama kali muncul dari Letkol Slamet Rijadi yang kemudian diwujudkan oleh Kolonel Inf AE Kawilarang. Sejak dibentuk, Kopassus telah beberapa kali berganti nama, mulai dari Kesatuan Komando Angkatan Darat (KKAD) pada 1953 berubah menjadi Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) lalu kemudian Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) pada 1955. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut