get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Berhasil Ditemukan, Duyung Viral di Pangkalpinang Dibawa ke Alobi

Sabtu, 11 September 2021 | 06:54 WIB
header img
Duyung yang viral terdampar di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang dan sempat hilang akhirnya ditemukan dibawa ke Markas Alobi Foundation untuk diperiksa guna mengetahui penyebab kematiannya. (Foto : lintasbabel.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Keberadaan duyung yang viral usai ditemukan di bibir Pantai Pasir Padi Pangkalpinang dan sempat hilang, akhirnya ditemukan. Mamalia laut itu, ditemukan di Desa Baskara Bhakti, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (10/9/2021) malam.

Hewan dilindungi itu, ditemukan dalam keadaan mati. Tim Alobi Foundation bersama BKSDA Sumatra Selatan, kemudian mengevakuasinya ke Sekretariat Alobi Foundation, di Pangkalpinang.

"Alhamdulillah duyung yang sempat viral tadi siang, berhasil kami temukan di Dusun Tanah Merah, Desa Baskara Bhakti, Bangka Tengah. Namun sudah dalam keadaan mati," kata Manager PPS Alobi Foundation, Endi R. Yusuf.

Rencananya satwa ini akan dibawa ke PPS Alobi di Air Jangkang, Kabupaten Bangka, untuk dikuburkan di sana, pada Sabtu (11/9/2021) pagi.


Duyung atau dugong dievakuasi ke Sekretariat Alobi Foundation di Pangkalpinang. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto).

Di Sekretariat Alobi tadi malam, duyung itu dilakukan pemeriksaan luar oleh tim dokter hewan Alobi dan Karantina Pertanian Pangkalpinang, guna mengetahui penyebab kematian, jenis kelamin dan sebagiannya.

Setelah diperiksa, duyung itu diketahui berjenis kelamin jantan, panjang tubuh 2,7 meter dengan diameter badan 1, 5 meter dan berbobot sekitar 260 kilogram.

"Dugong hewan yang lembut jadi gampang panik dan stres dalam kondisi tak biasa. Seperti tertangkap lalu diangkat, sehingga cepat lemah dan mati," kata Dokter Hewan Karantina Pertanian Pangkalpinang, drh. Yayan Muchlis Marchito.

Hewan ini termasuk satwa rentan punah, sehingga sangat dilindungi. Untuk itu, bagi yang menemukannya baik dalam keadaan terdampar maupun terkena jaring, agar segera melepasnya kembali.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut