get app
inews
Aa Read Next : Pantang Pulang Sebelum Padam, Personel Gabungan Masih Berjibaku Padamkan Api Hutan Lindung Koba

Kebakaran Lapas Tangerang, 2 Orang Asal Afsel dan Portugal Ikut Jadi Korban

Rabu, 08 September 2021 | 11:20 WIB
header img
Ilustrasi.

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly menyampaikan duka cita yang mendalam atas insiden kebakaran hebat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang. Di mana, kebakaran hebat tersebut menewaskan 41 orang yang diduga warga binaan dari Blok C2.

Data yang dikantongi Menteri Yasonna, terdapat dua warga binaan dari negara asing yang menjadi korban tewas dalam insiden kebakaran tersebut. Dua warga binaan tersebut berasal dari Afrika Selatan (Afsel) dan Portugal.

"Dua diantara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal," kata Yasonna melalui keterangan resminya, Rabu (8/9/2021).

Tak hanya warga negara asing, Yasonna juga mendapat informasi bahwa korban yang tewas akibat kebakaran di Lapas Tangerang yakni warga binaan kasus terorisme, pembunuhan, dan narkoba.

"Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba," ujarnya. 

Yasonna memastikan, pihaknya akan bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Ia berharap kejadian ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

"Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki sebab-sebab kebakaran dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi," ujar Yasonna.

Sekadar informasi, kebakaran hebat melanda Lapas Kelas I Tangerang, sekira pukul 01.50 WIB, dini hari tadi. Sebanyak 41 orang menjadi korban tewas akibat kebakaran tersebut.

Diduga, kebakaran berawal dari hubungan arus pendek di Blok C2 Lapas Tangerang.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut