get app
inews
Aa Read Next : Brasil akan Jalankan Putusan Pidana Penjarakan Mantan Bintang Man City Robinho

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, Everton Ribeiro Pecundangi Tuan Rumah Cile

Jum'at, 03 September 2021 | 13:00 WIB
header img
Tim Nasional (Timnas) Brasil menang tipis 1-0, saat melakukan lawatan tanding menghadapi tuan rumah Cile, Jumat (3/9/2021) dini hari. (Foto: FIFA)

SANTIAGO, lintasbabel.id - Tim Nasional (Timnas) Brasil menang tipis 1-0, saat melakukan lawatan tanding menghadapi tuan rumah Cile, pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Jumat (3/9/2021) dini hari. Gol tunggal Selecao disumbang oleh pemain nomor punggung 11, Everton Ribeiro.

Jalannya pertandingan
Babak Pertama

Brasil melakukan serangan sejak awal pertandingan. Pada menit pertama, pasukan Tite sudah mendapatkan tendangan sudut setelah kerjasama antara Gabriel Jesus dan Vinicius Jr membahayakan kotak penalti Cile.

Selanjutnya, Cile berhasil bangkit setelah ditekan oleh Selecao di menit-menit awal. Mereka mendapatkan penguasaan bola sebesar 60 persen setelah permainan berjalan 14 menit.

Namun, Brasil mendapatkan peluang emas pada menit 27 lewat sepakan Gabriel Jesus yang tinggal berhadapan dengan Claudio Bravo. Akan tetapi, tendangannya belum berhasil merobek gawang Cile. 

Setelah itu, gentian Cile yang kembali menekan Brasil setelah setengah jam laga berjalan. Pada menit 33, Ivan Morales merobek gawang Brasil yang dikawal Weverton, tapi gol tersebut dianulir karena offside. 

Pertandingan terus berlangsung secara terbuka dengan kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Weverton benar-benar menjadi tembok kuat Brasil karena berhasil menahan gempuran pemain Cile menjelang akhir babak pertama. 

Pada akhir babak pertama, Bruno Guimares mendapatkan kartu kuning pertama pada pertandingan ini. Skor kacamata pun berakhir untuk kedua tim pada 45 menit pertama di ibu kota Cile. 

Babak Kedua 

Brasil kemudian melakukan pergantian pemain saat paruh kedua permainan dimulai. Everton Riberiro dan Gerson masuk menggantikan Vinicius dan Guimares. 

Dominasi Cile terus berlanjut di awal babak kedua. Sepakan Charles Aranguiz dari dalam kotak penalti bisa membobol gawang Brasil bila tidak dihadang Alex Sandro. 

Akan tetapi, pada menit 64 Brasil merobek gawang Cile lewat sepakan Everton. Neymar Jr yang tidak terlalu bermain bagus memberikan asis kepada rekannya itu untuk menjebol gawang yang dijaga Claudio Bravo. 

Alhasil, Brasil pun unggul 1-0 meski masih berada dalam tekanan Cile yang lebih banyak menguasai bola. Akan tetapi, dari segi tembakan ke gawang, Brasil lebih unggul dengan empat tembakan, sedangkan Cile hanya melepaskan tiga tembakan sampai menit 77. 

Berada dalam posisi tertinggal, Cile akhirnya melakukan pergantian pemain pada menit 78. Aranguiz yang bermain di posisi gelandang digantikan dengan Diego Valdez. 

Pertandingan berjalan keras 11 menit jelang pertandingan usai. Dua pemain Cile mendapatkan kartu kuning pada menit 79 dan 82, yakni Ivan Morales dan Erick Pulgar. 

Sementara itu, Marquinhos juga diganjar kartu kuning pada menit 84. Dia melakukan penyelamatan penting dengan melanggar Carlos Palacios yang membahayakan gawang Brasil di dekat kotak penalti. 

Pada menit 88, Arturo Vidal dijatuhkan oleh Casemiro dan berpeluang mendapatkan penalti. Meski begitu, wasit, yang meninjau VAR, memutusakan untuk tidak memberikan penalti kepada Cile. 

Setelah itu, Cile hampir kebobolan pada menit 91 setelah Bravo melakukan blunder dan dilewati oleh Neymar. Beruntung, rekan Lionel Messi itu berhasil dikejar oleh pemain-pemain belakang Cile. 

Pertandingan ini betul-betul berlangsung keras. Tiga kartu kuning kembali diberikan oleh wasit menjelang akhir pertandingan. 

Namun, Cile tidak berhasil mencetak satu gol pun dalam waktu tambahan emna menit yang diberikan. Skor 1-0 untuk Brasil pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Brasil (4-4-2): Weverton; Danilo, Eder Militao, Marquinhos, Alex Sandro; Lucas Paqueta, Casemiro, Bruno Guimaraes, Vinicius Junior; Gabriel Barbosa, Neymar. 

Cadangan: Santos, Everson, Dani Alves, Miranda, Lucas Verissimo, Guilherme Arana, Gerson, Edenilson, Everton Ribeiro, Matheus Cunha, Hulk. 

Cile (5-3-2): Claudio Bravo; Mauricio Isla, Guillermo Maripan, Gary Medel, Paulo Diaz, Eugenio Mena; Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Ivan Morales, Eduardo Vargas. 

Cadangan: Gabriel Arias, Gabriel Castellon, Enzo Roco, Jean Meneses, Luis Jimenez, Diego Valdes, Nicolas Diaz, Claudio Baeza, Sebastian Vegas, Tomas Alarcon, Carlos Palacios, Marcelino Nunez.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut