get app
inews
Aa Read Next : 1 Ramadhan 1445 H Diperkirakan Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Tim Kemenag Laporkan Hilal Belum Terlihat, Kurang dari 2 Derajat

Jum'at, 01 April 2022 | 18:41 WIB
header img
Kementerian Agama (Kemenag) RI melaporkan, hilal awal 1 Ramadan 1443 H belum terlihat. 

JAKARTA, lintasbabel.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI melaporkan, hilal awal 1 Ramadan 1443 H belum terlihat. 

Hal itu disampaikan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Thomas Djamaluddin, saat seminar posisi hilal penentu awal Ramadan 1443H/2022M, Jumat (1/4/2022).

"Tinggi bulan untuk wilayah Jakarta hanya 1 derajat 42 menit, kurang dari dua derajat. Ini kurang dari kriteria yang lama. Kriteria yang lama pun masih kurang," kata Thomas. 

Thomas mengatakan, jika mengacu pada kriteria baru penentuan awal bulan Hijriyah atas hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) pada 2021 lalu, ketentuan ketinggian hilal adalah 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Sedangkan tinggi hilal di Indonesia saat ini hanya sekitar 2 derajat, kemudian elongasi hanya sekitar 3 derajat. Sementara untuk sebagian untuk wilayah Sumatera dan Jawa juga mencapai 2 derajat.

"Jadi tidak mungkin hilal yang sangat tipis itu mengalahkan cahaya syafaq, apalagi terlalu dekat dengan matahari. Sekarang menggunakan kriteria tinggi minimal tiga derajat jadi belum memenuhi kriteria," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut