get app
inews
Aa Read Next : 1 Ramadhan 1445 H Diperkirakan Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Kemenag Ijinkan Bukber dan Itikaf di Masjid Selama Ramadhan

Senin, 28 Maret 2022 | 20:56 WIB
header img
Ilustrasi buka puasa bersama di masjid. (Foto: OkeZone)

JAKARTA, lintasbabel.id - Buka puasa bersama di masjid selama Ramadhan sudah dibolehkan, termasuk itikaf. Hal ini disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag), Adib, Senin (28/3/2022).

Adib menekankan, pelaksanaan buka puasa bersama (bukber) dan itikaf, tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes). 

"Untuk Ibadah Ramadan tarawih, tadarus dan juga ibadah-ibadah lainnya termasuk itikaf, kami dari Kementerian Agama mengimbau kepada masyarakat untuk tetap senantiasa menjaga protokol kesehatan," kata Adib.

Adib mengatakan, dalam surat edaran yang akan dikeluarkan oleh kementerian agama terkait persiapan ibadah jelang Ramadan nantinya, akan terus mempertimbangkan aspek protokol kesehatan (Prokes). Dimana tidak hanya dalam pelaksanaan ibadah tarawih, tetapi juga dalam kegiatan-kegiatan lainnya yang menyangkut ibadah puasa di bulan Ramadan. 

"Termasuk di dalamnya adalah bagaimana kita berbuka puasa bersama, open house pada saat idul Fitri dan lain sebagainya. sekali lagi ini kemudian kita batasi dengan aspek protokol kesehatan," katanya. 

Terkait dengan pelaksanaan itikaf di masjid, pihaknya juga mengacu penerapan  prokes di ruang publik. 

"Selagi kita tetap menjaga prokes tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, kemudian menjaga jarak,"ujar dia.  

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut