get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Bong Ming Ming Cek Lokasi Tambang Dekat Kolong PDAM

Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:19 WIB
header img
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming saat meninjau lokasi penambangan timah di Dusun Terabik, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kamis (26/8/21). Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming meninjau aktivitas pertambangan milik PT. Timah di Dusun Terabik, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, pada Kamis (26/8/2021). 

Lokasi tambang yang berdekatan dengan kolong air milik PDAM Tirta Sejiran Setason ini, dikhawatirkan dapat mencemari kolong air bersih tersebut. Peninjauan dilakukan bersama tim pengawas pertambangan PT. Timah wilayah Muntok. 

"Kami sedang meninjau lokasi kolong PDAM, yang berdekatan dengan lokasi penambangan yang dimiliki UP PT Timah. Kami melakukan pengecekan ke lokasi, hanya ingin memastikan sistem pembuangannya seperti apa, tailingnya kemana. Jadi sistem pembuatan taludnya seperti apa, untuk memastikan bahwa proses penambangan tidak mencemari PDAM, " kata Bong Ming Ming. 

Dikatakan Bong Ming Ming, berdasarkan keterangan Septiaka selaku pengawas tambang PT. Timah Wilayah Muntok, sistem penambangan yang dilakukan di Terabik, aman dan tidak akan mencemari kolong air. 

"Tapi Alhamdulillah tadi sudah disebutkan disampaikan oleh pak wastam dan Alhamdulillah sudah disampaikan teknik penambangan seperti apa. Insya Allah dengan cara yang disampaikan oleh pak wastam tadi, saya yakini itu aman berdasarkan pengalaman kita di lapangan. Dan kita sih berharap kalau bisa memang dilakukan penambangan terbuka. Insya Allah dengan penambangan terbuka bisa menjadi sumber air baru untuk PDAM nanti kedepannya," jelasnya. 

Terkait penambangan di Dusun Terabik ini, pihak PT Timah berkomitmen untuk tidak mencemari kolong air milik PDAM. 

"Jadi tadi juga udah kami jelaskan untuk sistem pembuangan tailingnya seperti apa dan arah penambangannya seperti apa. Pokoknya intinya dari kami sih kami tetap mengelola untuk keselamatan dan sesuai dengan kaidah-kaidah penambangan yang berwawasan lingkungan. Jadi tetap kami kelola sistem pengelolaan tailingnya agar tidak mencemari kolong PDAM, " ujar Septiaka. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut