Logo Network
Network

4 Fakta Kartu Prakerja Gelombang 18

Muri Setiawan
.
Sabtu, 21 Agustus 2021 | 15:23 WIB
4 Fakta Kartu Prakerja Gelombang 18
Ilustrasi Kartu Prakerja.

JAKARTA, lintasbabel.id - Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18, resmi dibuka pada Senin, (16/8/2021) pukul 19.00 WIB. Ada beberapa syarat dan cara buat akun untuk daftar kartu prakerja gelombang 18. Para pelamar bisa mendaftar di situs resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id.

Menurut Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, pembukaan kartu prakerja gelombang 18 dilakukan untuk merespon minat masyarakat, yang sangat tinggi terhadap Program Kartu Prakerja.

"Gelombang 18 Program Kartu Prakerja akan dibuka malam ini. 16 Agustus 2021, jam 19.00 WIB. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang sudah lama menunggu," katanya di Jakarta.

Berikut fakta pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 dibuka yang telah dirangkum oleh Okezone, Sabtu (21/8/2021):

1. Berikut Syaratnya

Warga negara Indonesia (WNI). Berusia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD. Selain itu, dalam 1 (satu) Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Sedangkan, cara membuat akun Kartu Prakerja sebagai berikut. Masuk ke situs www.prakerja.go.id. Pilih menu Daftar Sekarang, masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru. Cek email masuk dari akun Prakerja, lalu ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja. Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan masuk ke dashboard akun di https://dashboard.prakerja.go.id/masuk.

Kemudian pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir sesuai yang tertera di KTP, lalu klik Berikutnya. Lengkapi data diri, serta unggah foto KTP. Kemudian lakukan verifikasi nomor handphone, dan klik Kirim. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor handphone Anda, lalu klik Verifikasi. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sampai selesai, lalu klik Oke.

Berikutnya, Anda wajib mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Klik Mulai Tes Sekarang.Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes secara online. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Setelah proses pembuatan akun dan pendaftaran Kartu Prakerja berhasil, selanjutnya pilih Gelombang 18, lalu klik Gabung. Maka akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang, dan apabila sudah sesuai, klik Ya.

2. Lolos Dapat Insentif Rp3,5 Juta

Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan pembukaan kartu prakerja gelombang 18 dilakukan untuk merespon minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap Program Kartu Prakerja.

"Gelombang 18 Program Kartu Prakerja akan dibuka malam ini. 16 Agustus 2021, jam 19.00 WIB. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang sudah lama menunggu," katanya di Jakarta.

Dirinya tidak menyebutkan berapa kuota yang akan dibuka dalam pendaftaran kartu prakerja gelombang 18. Selain itu, pihaknya juga akan mengumumkan lebih lanjut penutupan pendaftaran kartu prakerja gelombang 18.

"Gelombang 18 ini adalah gelombang pertama yang menggunakan budget semester 2 sebesar Rp10 triliun. Pola dan skema pelaksanaan program di semester II ini sama dengan pola dan skema di semester I-2021," katanya.

Kuota dan penutupan pendaftaran akan segera diumumkan. Angkanya kurang lebih seperti itu karena setiap peserta akan mendapat Rp3.550.000. "Yang akan kami sampaikan kemudian adalah kuota per gelombang," tambahnya.

3. Ditargetkan 800.000 Peserta

Program Kartu Prakerja Gelombang 18 telah dibuka dan ditargetkan bagi 800.000 penerima dari seluruh Indonesia. Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 pun ditutup 19 Agustus 2021

Terbukti diminati dan memberikan manfaat bagi masyarakat, Pemerintah terus melanjutkan Program Kartu Prakerja seiring dengan upaya meningkatkan kualitas agar memberikan dampak yang optimal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Pimpinan KPK mengapresiasi Kemenko Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang terus memperbaiki tata kelola program Kartu Prakerja, mengikuti aturan, menetapkan SOP, transparan, persaingan terbuka dan insentif sampai ke penerima.

"Seluruh rencana aksi dan saran KPK juga telah diimplentasikan," katanya di Jakarta.

4. Pendaftaran Sudah Ditutup

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 telah dibuka dan ditargetkan bagi 800.000 penerima dari seluruh Indonesia.

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 pun telah ditutup pada Kamis 19 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB Masyarakat pun bisa segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini