get app
inews
Aa Read Next : Perumdam TSS Targetkan 300 Pelanggan di SPAM Jebus

Siap-siap! 2025 Diperkirakan Terjadi Kelangkaan Air Bersih di Dunia

Senin, 14 Maret 2022 | 14:29 WIB
header img
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin. (Foto: dok)

JAKARTA, lintasbabel.id - Tahun 2025, diperkirakan akan terjadi kelangkaan air bersih di dunia. Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, saat membuka The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (14/3/2022).

Wapres menegaskan, bahwa air merupakan sumber daya alam yang sangat mendasar untuk menopang kehidupan manusia dan essential element of life. Air juga merupakan sumber daya penentu tercapainya pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Namun, kata Wapres, seiring pertumbuhan penduduk dan ekspansi ekonomi yang sangat cepat selama beberapa dekade terakhir, penggunaan air di abad 21 meningkat lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk.

“Akibatnya, terjadi kesenjangan antara ketersediaan air dan kebutuhan air. Hal tersebut menyebabkan krisis air yang serius di banyak wilayah di dunia,” kata Wapres.

Wapres mengungkapkan sekalipun 71% bumi tertutup oleh air, hanya sekitar 13 persen air tawar yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bagi lebih dari 7 miliar manusia. Sekitar 2 per 3 dari jumlah penduduk, jumlah populasi dunia mengalami kelangkaan air yang parah, setidaknya dalam satu bulan setiap tahun.

Selain itu, kata Wapres, lebih dari 2 miliar orang hidup di negara yang persediaan airnya tidak mencukupi. 

“Diperkirakan di tahun 2025, setengah dari populasi dunia akan mengalami kelangkaan air atau water scarcity. Di tahun 2030, sekitar 700 orang dapat mengungsi karena kelangkaan air lebih lanjut.”

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut