get app
inews
Aa Read Next : Kasus Korupsi Timah Rp300 Triliun, Kejagung Tetapkan 1 Tersangka Baru

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Pasar Toboali dan Pekerjaan Inpres Jalan Daerah

Selasa, 10 September 2024 | 17:35 WIB
header img
Wapres KH Ma'ruf Amin meresmikan Pasar Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Foto: Diskominfo Babel.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hadir meresmikan Pasar Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan pekerjaan Intruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah, Selasa (10/9/2024).

Dirinya mengucap syukur alhamdulilah atas di realisasinya dua pembangunan ini yang diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat. 

"Ini adalah komitmen pemerintah. Saya senang sekali hadir disini dan meresmikan," ucap Ma'ruf Amin.

Dari keberadaan dua pembangunan yang dibiayai pemerintah pusat ini, ia berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Wapres Ma’ruf Amin juga menyanjung tinggi Pasar Toboali yang dirasakannya termegah dan modern di Bangka Belitung.

"Pasar ini menyediakan kebutuhan pokok sekaligus sumber pendapatan bagi para pedagang kecil dan menengah. Saya yakin pasar ini akan menjadi lokasi distribusi yang strategis bagi produk unggulan daerah dan kerajinan lokal dalam produk pangan berkualitas Bangka Selatan," katanya.

Berikutnya untuk pembangunan jalan, di harapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah, dan memudahkan arus arah dan jasa. Di tahun 2023, semula pemerintah telah mengalokasi Rp14,6 Triliun untuk pembangunan jalan dan di tahun 2024 naik menjadi Rp15 Triliun.

Dengan adanya dua pembangunan, ia menekankan agar pembangunan tersebut dapat di pelihara dan di kelola dengan baik serta optimal. 

"Semoga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menciptakan pemerataan pembangunan yang berkelanjutan di Babel," ucapnya.

Sementara Pj Gubermur Babel Sugito, turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah pusat.

 "Kehadiran pak Wapres tentu merupakan kehormatan dan motivasi bagi masyarakat," ujarnya.

Disampaikan Sugito, bahwa Pasar Toboali yang diresmikan ini memiliki luas bangunan sebesar 3.352 meter persegi. Sebanyak 68 kios yang siap ditempati oleh 68 pedagang dan pelaku usaha lokal yang tentunya akan menjadi penggerak utama roda perekonomian di Toboali.

"Pasar ini tidak hanya sebagai tempat jual beli namun juga sebagai pusat interaksi sosial pengembangan ekonomi masyarakat yang memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian lokal serta meningkatkan taraf hidup dan menciptakan lapangan kerja," katanya. 

Ia berharap pasar ini bisa menjadi pusat perdagangan yang modern, nyaman, aman dan representatif bagi para pedagang dan pembeli. 

"Pembangunan pasar ini sangat strategis dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Diakuinya, bahwa peresmian pasar Toboali dan pelaksanaan pembangunan jalan daerah ini adalah bukti nyata komitmen serta kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan merata. 

"Saya yakin dengan dukungan dari semua pihak Bangka Belitung akan terus berkembang dan menjadi daerah yang semakin maju," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut