get app
inews
Aa Read Next : FJN 2024 Sukses Digelar, Band Tipe-X Bius Puluhan Ribu Penonton

Bangka Barat akan Miliki Pabrik CPO untuk Membeli TBS Masyarakat

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 19:30 WIB
header img
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bangka Barat, Yuwanda Eka Putra. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Oma.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id -  PT. Bukit Terang Sejahtera berencana menginvestasikan dana ratusan miliar rupiah untuk membangun pabrik pengolahan hasil kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO). 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bangka Barat, Yuwanda Eka Putra mengatakan Desa Kacung, Kecamatan Kelapa menjadi titik lokasi pembangunan pabrik CPO tersebut. 

Dikatakannya, saat ini pihak PT. Bukit Bintang Sejahtera telah melakukan tahapan land clearing atau pembukaan lahan di lokasi pembangunan pabrik. 

"Kalau progress (pembangunan) sekarang sudah masuk ke tahapan land clearing. Untuk izin sudah berlangsung, rencananya akan beroperasi di akhir tahun ini. Nilai investasinya Rp. 143 miliar totalnya, realisasinya sudah Rp. 4,35 miliar," katanya, Jumat (9/8/2024). 

Yuwanda menambahkan, pihak PT. Bukit Terang Sejahtera diperkirakan akan memproduksi CPO sekitar 25 sampai 36 ton per hari. Dimana tandan buah segar (TBS) akan dibeli dari petani sekitar, karena perusahaan tidak memiliki kebun.

"Produksi awal diperkirakan mulai 45-46 ton CPO per hari. Setelah memproduksi CPO, pihak perusahaan ini tidak menutup kemungkinan juga akan ada hilirisasi misalnya produksi minyak goreng, shampoo dan sabun, dan alat kosmetik lainnya," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut