get app
inews
Aa Read Next : FJN 2024 Sukses Digelar, Band Tipe-X Bius Puluhan Ribu Penonton

ODGJ yang Serang Warga di Bangka Barat Ternyata Tidak Minum Obat

Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:27 WIB
header img
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Oma.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, langsung mendatangi kediaman orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menyerang warga, pada Selasa (6/8/2024). 

Kepala Dinsos PMD Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi mengatakan ODGJ berinisial MR yang menyerang warga itu, tidak minum obat selama 3 hari, sehingga tidak terkontrol.

"Kalau ODGJ yang tadi itu sudah kita lakukan assessment, sudah kita datangi keluarganya. Begitu dapat laporan kita langsung turun kerumah," ucapnya, Selasa (6/8/2024) sore.

"Jadi memang ODGJ tadi itu lepas minum obatnya, jadi sudah 3 hari tidak minum obat. Dia itu seharusnya ODGJ yang rutin minum obat setiap hari," kata Achmad Nursyandi. 

Dikatakan Nursyandi, pihaknya tadi berencana membawa MR ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk dilakukan rehabilitasi. Namun pihak keluarga MR meminta untuk minum obat saja.

"Iya, hampir kita bawa (rsj) tapi pas diskusi dengan pihak keluarga, sepakat lanjut minum obat lagi, karena obatnya masih ada di rumah," ucapnya. 

Menurut Achmad Nursyandi, peran keluarga sangat dibutuhkan untuk memastikan apakah ODGJ sudah minum obat, serta pengawasan saat berada di luar rumah.

"Untuk ODGJ yang minum obat peran keluarga sangat penting, untuk mengawasi supaya minum obat rutin, kalau dia minum obat, relatif bisa terkontrol dia. Ini yang jadi masalahnya ketika dia tidak mengkonsumsi obat, dia akan kumat. Apalagi sampai lepas dari rumah," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, Nasib malang dialami Rizki (27) seorang pemuda di Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lantaran diserang orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pada Selasa (6/8/2024).

Dirinya ditinju ODGJ berinisial MR sebanyak dua kali dibagian wajah, saat sedang asyik bermain game bersama teman-temannya di salah satu warung kopi, sekitar pukul 11.40 WIB.

"Jadi dia itu tiba-tiba berjalan ke arah saya lalu memukul dua kali di bagian pelipis dan pipi sebelah kanan. Saat itu saya dengan bermain game, terkejut lah saya," ucap Rizki kepada awak media.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut