get app
inews
Aa Read Next : Sport Hall Siap Digunakan untuk Cabor Bulu Tangkis dan Tenis Meja

Berhasil Raih Perunggu, Presiden Jokowi : Selamat untuk Ginting

Senin, 02 Agustus 2021 | 23:05 WIB
header img
Anthony Ginting saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto : Reuters)

TOKYO, lintasbabel.id - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil membawa pulang medali perunggu usai menumbangkan wakil Guatemala, Kevin Cordon di Olimpiade Tokyo 2020. Bermain di Musashino Forest Plaza, Tokyo Ginting menang dua game langsung 21-11 dan 21-13. Kesuksesan Ginting mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi.

Kemenangan ini membuat Ginting berhasil menyumbangkan medali perunggu yang ketiga bagi merah putih. Sehingga sampai saat ini, perolehan medali total Indonesia yaitu 5 medali dengan rincian 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Tak perlu waktu lama bagi Ginting untuk memimpin di game pertama. Meski sempat tertinggal 1-3 lebih dulu, Ginting mampu berbalik unggul hingga menutup interfal pertama dengan unggul 6 poin, 11-5.

Pada Interval kedua, kepercayaan Ginting semakin menjadi-jadi. Ia berhasil mendapat angka demi angka sampai mencapai keunggulan terbesar di game ini sebanyak 10 poin. Sampai akhirnya, Ginting berhasil menang dengan skor 21-11.

Di game kedua, Ginting mampu unggul besar lebih dulu yaitu 6-1. Sampai Interval pertama berhasil, Ginting mampu mengamankan keunggulan 11-4.

Namun kejadian berbalik di awal interval kedua. Kevin Cordon seakan-akan memiliki angin segar dengan mencatatkan lima angka berturut-turut sehingga menipiskan keunggulan Ginting hingga selisih tiga poin.

Kevin Cordon terlihat tanpa beban dalam laga ini terpantau sangat menikmati poin demi poinnya. Setiap mendapatkan poin, ia berteriak kencang hingga menggelegar dan mengisi venue pertandingan.

Namun teriakan itu mampu diredam dari sayup-sayup beberapa penonton yang hadir di venue. Mereka terdengar menyanyikan lagu yel-yel sehingga membangkitkan semangat Ginting.

Ginting yang sempat tegang, kembali bangkit semnagatnya dan menimpalnya dengan teriakan kencang pula. Sampai akhirnya ia berhasil mendapat 3 poin berturut-turut dan menutup game kedua dengan kemenangan 21- 13.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memberi ucapan selamat atas keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting merebut medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Ucapan itu disampaikan Jokowi melakui akun Instagram-nya, @jokowi.

“Satu medali lagi dari cabang bulutangkis di Olimpiade Tokyo untuk Indonesia. Malam ini, pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting sukses merebut medali perunggu. Selamat untuk Ginting,” tulis @jokowi.

Sebelumnya, ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mendapatkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Kepastian itu didapat setelah Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengalahkan ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yifan dengan skor 21-19 dan 21-15 di final yang berlangsung siang tadi.

Total, kontingen Indonesia mendapatkan satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, Indonesia mendapatkan tiga medali dari cabang olahraga angkat besi. Sebut saja Windy Cantika Aisah (Perunggu - 49 kg/putri), Eko Yuli Irawan (Perak, 61 kg/putra) dan Rahmat Erwin Abdullah (Perunggu – 73 kg/putra).

Terakhir, wakil Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020 adalah lifter putri Nurul Akmal pada Senin (2/8/2021) malam WIB. Turun di kelas +87kg, ia menduduki posisi lima dan gagal meraih medali. Sejauh ini, kontingen Indonesia menempati posisi 35 klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 dengan satu emas, satu perak dan tiga perunggu.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut