get app
inews
Aa Read Next : ASN Pemprov Babel Gigit Jari, Kabarnya TPP Selama 5 Bulan Tidak Cair

Selamat, Gaji Pekerja Indonesia Dipotong Lagi 3 Persen

Rabu, 29 Mei 2024 | 09:49 WIB
header img
Gaji karyawan swasta bakal dipotong 3 persen untuk Tapera. Foto: Ilustrasi.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Pemerintah kembali menerapkan pemotongan gaji pekerja termasuk karyawan swasta sebesar 3 persen. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 Tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang ditandatangani presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2024.

Di dalam peraturan perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 2020 ini, mewajibkan setiap pekerja dengan usia minimal 20 tahun atau sudah menikah yang memiliki penghasilan sebesar upah minimum atau lebih. Peraturan ini berlaku bagi seluruh pekerja baik ASN, TNI/Polri, maupun karyawan swasta atau penerima upah lainnya.

Peraturan ini juga mewajibkan semua perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya ke Badan Pengelola Tapera selambat-lambatnya 7 tahun sejak ditetapkannya PP No.25 tahun 2020, atau paling lambat tahun 2027.

Besaran potongan wajib Tapera sebesar 3 persen akan ditanggung bersama oleh perusahaan dan pekerja dengan rincian 0,5 persen tanggungan perusahaan dan 2,5 persen dipotong dari gaji/upah pekerja. Sementara untuk pekerja mandiri sebagaimana diatur dalam pasal 3, ditanggung sendiri oleh yang bersangkutan.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut