get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Bangka Barat Bakal Miliki Gedung Perpustakaan Daerah

Selasa, 27 Juli 2021 | 10:51 WIB
header img
Gedung Perpustakaan Daerah Bangka Barat yang dibangun di daerah Pal 2, Kecamatan Muntok, Selasa (27/7/2021). Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Peresmian Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bangka Barat yang dibangun di daerah Pal 2, Kecamatan Muntok, hingga kini belum juga dilakukan, padahal pembangunannya sudah rampung sekitar bulan Februari 2021 lalu.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bangka Barat, Ismantho mengatakan untuk peresmian Perpusda tersebut pihaknya telah menjadwalkan sejak bulan Mei yang lalu, namun hingga kini belum terlaksana karena masih terkendala pandemi Covid-19. Sehingga pihak pusat masih menunda peresmian gedung yang memakan biaya Rp10 milyar tersebut.

"Karena peresmiannya harus pusat, sudah dari bulan Mei yang lalu sudah dijadwalkan, kami juga sudah ke pusat, rencananya bulan agustus kami resmikan. Kami juga gak mau menunda-nunda karena ini juga pertanggungjawaban kami," ujar Ismantho, Selasa (27/7/2021). 

Sementara itu, untuk pematangan lahan parkir, disebut Ismantho pada awalnya pembangunan gedung di tahun 2020, Bupati Bangka Barat yang pada saat itu dijabat oleh Markus sudah menyanggupi untuk kelengkapan gedung dan lain – lain dari anggaran Pemda.

"Untuk bangunan parkir, kondisi parkir awalnya pembangunan gedung itu tahun 2020, Pak Bupati sudah menyanggupi semuanya itu kurang lebih Rp1,6 Miliyar. Tapi karena Covid ini anggaran kan tersedot semua. Dana sudah dialihkan ke sektor lain. Anggaran untuk parkir memang kewajiban kami," jelasnya.

Namun, ia mengatakan peresmian perpustakaan masih tetap bisa dilaksanakan walaupun pematangan lahan parkir belum rampung.Yang penting menurutnya pemanfatan gedung itu sudah harus sudah dimulai.

Lebih lanjut, Ismantho mengungkapkan bila telah diresmikan Perpusda tersebut bisa digunakan jadi pusat kegiatan masyarakat.

"Sudah boleh kita laksanakan kegiatan disini, sesuai dengan kapasitas bisa kita laksanakan. Gedung ini juga nanti akan jadi pusat kegiatan masyarakat. UMKM bisa, Karang Taruna bisa," katanya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut