get app
inews
Aa Read Next : Sukirman Koordinasi dengan ASDP Soal Pencegahan Peredaran Narkoba di Pelabuhan Tanjung Kalian

Lapak Pasar Ramadan Sepi, Aidi: Masyarakat Mentok Tergantung Timah 

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:09 WIB
header img
Pedagang takjil pasar Ramadan Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Oma Kisma.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Lapak Pasar Ramadan yang disediakan oleh Pemerintah di Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) banyak yang tutup, lantaran sepi pembeli, dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pekan pertama bulan puasa, sebanyak 36 pedagang takjil mengisi lapak tersebut, namun saat ini hanya tersisa 4 lapak yang masih bertahan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (DKUP) Kabupaten Bangka Barat, Aidi mengatakan hal ini terjadi karena masyarakat masih bergantung dengan timah.

"Jika kita lihat pendapatan masyarakat kita menurut, mendekati hari raya idul fitri. Karena, sebagian besar pendapatan masyarakat mentok ini tergantung dari sektor timah," ucapnya, Rabu (27/3/2024).

Menurut Aidi lesunya daya beli masyarakat tidak merata di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat. Diantaranya, Kecamatan Kelapa para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih banyak pembelinya. 

"Ada beberapa daerah seperti kecamatan Kelapa yang tidak bergantung sepenuhnya dengan pertambangan timah itu cukup bagus, UMKM-nya sampai saat ini cukup ramai," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut