get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Pangkalpinang Waspada Banjir, 2 Jam Hujan Lebat Genangan Air di Mana-Mana

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:01 WIB
header img
Hujan lebat disertai pasang air laut sebabkan sejumlah wilayah di Kota Pangkalpinang kebanjiran. Foto : Lintasbabel.inews.id/ Haryanto

PANGKALPINANG, Lintasbabel.inews.id - Hujan dengan intensitas tinggi kerap mengguyur Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akhir-akhir ini. Akibatnya sejumlah wilayah terdampak banjir, meskipun hujan lebat dua jam saja. 

Kepala BPBD Kota Pangkalpinang, Dedi Revandi mengatakan sejumlah genangan di Kota Pangkalpinang terjadi dipengaruhui hujan lebat serta pasang surut air laut. 

" Ya kalau di Pangkalpinang rata akibat pasang surut air laut. Kalau pasang maka akan terjadi genangan dengan waktu yang cukup lama 3-5  jam," Kata Dedi Revandi, Kamis (18/1/2024). 

Menurutnya, untuk wilayah Pangkalpinang sendiri saat ini belum bisa dikatakan banjir karena intensitas air masih tegolong kecil dan tidak terlalu tinggi. 

"Kalau sudah dikatakan banjir itu di atas  40 cm  dengan durasi lebih dari 24 jam dengan cakupan luas wilayahnya minimal 100 hektar. Tetapi kalau genangan ini masih 24 jam, variasi untuk ketinggian dibawah 40 cm" ujarnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan,untuk Kota Pangkalpinang sendiri jika durasi hujan intensitas lebat selama 2 jam, maka akan di pastikan terjadi genangan. 

"Kalau durasi hujan intensitas lebat untuk Pangkalpinang selama 2 jam mulai ada genangan intensitas lebat pengaruh dari pasnag surut air laut," katanya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut