get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

UBB Bangun Stasiun Lapang di Lahan Eks PT. Kobatin, Dekan FPPB: Masih Perlu Dikaji

Jum'at, 04 Februari 2022 | 14:23 WIB
header img
Peninjauan lokasi eks PT. Koba Tin oleh tim FPPB UBB bersama Pemda Bangka Tengah. (Foto : lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan).

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Tim Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) meninjau stasiun lapang eks PT. KOBA TIN, Jumat (4/2/2022). Dekan FPPB, Riwan Kusmiadi mengatakan, pihaknya berencana membangun stasiun lapang di wilayah Koba, Kabupaten Bangka Tengah yang akan diperuntukan untuk kepentingan mahasiswa.

Namun rencana tersebut, dikatakan Riwan masih tahap awal peninjauan dan perlu kajian lebih mendalam.

"Awalnya memang sudah ada komunikasi baik dari Dosen UBB maupun pihak Bangka Tengah, bahwa ada lokasi eks PT. Kobatin yang potensial untuk dimanfaatkan dalam hal pendidikan," ujarnya.

"Sehingga ini juga sudah kami diskusikan dengan para Ketua Jurusan dan Kepala Lab di FPPB, agar ada integrasi antara prodi yang ada untuk kebutuhan lapangan bagi mahasiswa. Namun, untuk saat ini masih tahap peninjauan dan perlu kajian lebih lanjut," sambungnya.

Riwan menerangkan, di FPPB terdapat berbagai jurusan yang berkaitan dengan dunia laut dan kajian mendalam tentang reklamasi lahan bekas tambang, yang mana kedua potensi tersebut dimiliki lahan eks PT. Kobatin.

"Di Fakultas FPPB terdapat jurusan yang berkaitan dengan laut, seperti MSP, IKL dan Akuakultur, serta jurusan Biologi dan Agroteknologi yang berhubungan dengan reklamasi lahan bekas tambang, sedangkan UBB tidak memiliki laut dan lahan bekas tambang," jelasnya.

"Apalagi mahasiswa ini selalu rutin melakukan praktikum ke lapangan, namun jaraknya terlampau jauh, sehingga harus membangun tenda untuk menginap. Jadi kami memang mencari stasiun lapang yang tepat untuk 5 sampai 10 tahun mendatang," lanjutnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut