get app
inews
Aa Read Next : Akhir Pekan Ini Gibran Dijadwalkan Kunjungi Bangka Belitung

Wow, Belitung Timur Mampu Produksi Madu Trigona Itama 4 Ton Sebulan, Tembus Pasar Mancanegara

Rabu, 02 Februari 2022 | 19:43 WIB
header img
Kik Tapa, salah satu peternak lebah madu di Sentra Budidaya Lebah Trigona Itama Raje Teran, Desa Kelubi, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menjadi tempat penghasil Madu Trigona Itama terbesar se-Indonesia. Dalam satu bulan saja, produksi madu murni dari Beltim ini bisa mencapai 4 ton.

Saat ini, ada sekitar 200 pembudidaya lebah Trigona Itama di Bumi Laskar Pelangi tersebut.

Satu diantara penghasil madu terbesar yaitu Sentra Budidaya Lebah Trigona Itama Raje Teran, yang berlokasi di Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Belitung timur. 

Perbulan, di tempat ini mampu memproduksi sebanyak satu ton lebih madu. Madu tersebut ditampung oleh CV Raja Trigona Belitong untuk kemudian dipasarkan ke seluruh wilayah di Indonesia hingga ke mancanegara. 

Salah satu peternak lebah Trigona Utama, Hasbullah  mengatakan, vegetasi Hutan Kerangas di Desa Kelubi sangat mendukung perkembangan budidaya lebah itu. 

"Disini ada sekitar 3.000 sampai 4.000 koloni untuk saat ini, tersebar di lahan seluas 220 hektar, dengan 33 anggota, dengan kapasitas produksi satu ton perbulan," ujar Hasbullah yang akrab disapa Kik Tapa kepada wartawan, Rabu (2/2/2022). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut