get app
inews
Aa Read Next : BPS: Maret 2024 Bangka Belitung Alami Inflasi 1,80 Persen

KWT Salah Satu Bentuk Peran Wanita dalam Pengendalian Inflasi di Babel

Sabtu, 16 Desember 2023 | 20:28 WIB
header img
Panen di dua KWT terselenggara pada tanggal 8 dan 14 Desember 2023 tepatnya di KWT Sinar Bulan dan KWT Bukit Besar. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Dua Kelompok Wanita Tani (KWT) hasil sinergitas KPw Bank Indonesia Bangka Belitung (Babel) dan Pemerintah Kota Pangkalpinang kembali melakukan panen sayuran seperti sawi dan selada, menyusul panen 8 kelompok tani di beberapa kabupaten. Diharapkan KWT menjadi salah satu bentuk dukungan masyarakat dalam pengendalian inflasi Babel melalui peningkatan pasokan sayuran untuk keluarga.

Panen di dua KWT terselenggara pada tanggal 8 dan 14 Desember 2023 tepatnya di KWT Sinar Bulan dan KWT Bukit Besar. Hasil panen berupa 42 kg sawi dan 5,5 kg selada.

Dua KWT ini merupakan bagian dari Program Kelurahan Tangpap Inflasi yang dicanangkan pada 13 Maret 2023 serta merupakan bentuk sinergitas antara KPw BI Babel dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam memperkuat program pengendalian inflasi.

Panen sayuran di dua KWT ini diperkirakan akan berlangsung sampai dengan Januari 2024. Sebelumnya, berdasarkan pemantauan Bank Indonesia, telah terdapat 8 kelompok tani yang telah panen cabai yang secara total mencapai 47,2 ton. Panen di KWT dan kelompok tani tersebut diharapkan dapat menambah pasokan cabai dan sayuran di tengah meningkatnya harga cabai dan inflasi Bangka Belitung.

"Implementasi program ketahanan pangan yang dipagas Bank Indonesia juga telah melibatkan pondok pesantren. Program ini sekaligus mendorong kemandirian ekonomi pesantren dengan dukungan sumber daya santri yang potensial," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman dalam keterangan persnya, Sabtu (16/12/2023).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut