get app
inews
Aa Read Next : BPBD Babar Imbau Masyarakat Waspada Ancaman Petir

WOW! Petir Sepanjang 768 Km Catatkan Rekor Dunia Baru

Selasa, 01 Februari 2022 | 17:15 WIB
header img
Sambaran petir yang membentang sepanjang 768 kilometer (477,2 mil) melintasi tiga negara bagian Amerika Serikat (AS) tercatat sebagai rekor dunia baru untuk kilatan terlama. (Foto: nbcnews/NOAA via AP file)

AUSTIN, lintasbabel.id - Organisasi Meteorologi Dunia mencatatkan rekordunia baru untuk kilatan petir terlama. 

Sambaran petir yang membentang sepanjang 768 kilometer (477,2 mil) melintasi tiga negara bagian Amerika Serikat (AS). Kilatan tunggal petir itu melintasi negara bagian Texas, Louisiana, dan Mississippi pada April 2020. 

Organisasi tersebut mengatakan, rekor itu mengalahkan rekor lama yang terjadi pada 2018 di Brasil dengan panjang 709 kilometer (440,6 mil). 

Ada juga satu kilatan petir di Uruguay dan Argentina utara berlangsung 17,1 detik, mematahkan rekor waktu lama 16,7 detik pada tahun 2020. 

"Dua catatan kilat-kilat ini benar-benar luar biasa. Sebab, biasanya petir tidak meregang lebih jauh dari 10 mil dan berlangsung kurang dari satu detik,” kata Randall Cerveny dari Arizona State University, yang juga menjabat Kepala Organisasi Meteorologi melalui email kepada AP News yang dikutip dari laman nbcnews, Selasa (1/2/2022). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut