get app
inews
Aa Read Next : Tukar Uang: BI Babel Siapkan Rp1,6 Triliun Uang Baru untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran 

Oktober 2023, BI: Gabungan 2 Kota di Bangka Belitung Alami Deflasi 0,31 Persen

Rabu, 01 November 2023 | 19:51 WIB
header img
Ilustrasi Bank Indonesia. Foto: Isimewa.)

Sementara itu, untuk Kota Pangkalpinang mengalami deflasi bulanan sebesar 0,12% (mtm). Hal ini terutama bersumber dari tren penurunan harga komoditas angkutan udara, ikan selar, dan ikan tenggiri. Sedangkan secara tahunan, Pangkalpinang mengalami inflasi 2,88% (yoy) dengan IHK 115,58 yang bersumber dari komoditas beras, rokok kretek filter, dan angkutan udara.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus memperkuat program-program pengendalian inflasi daerah. TPID dan Bulog terus menggalakkan Operasi Pasar/Pasar Murah, Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) beras, serta sidak pasar. Selama bulan Oktober 2023, telah dilaksanakan Operasi Pasar Murah Pola Subsidi di Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah menggunakan Dana Insentif Daerah (DID).

"Hingga Oktober 2023, telah terlaksana 209 kali operasi pasar/pasar murah dan SPHP di Bangka Belitung. TPID provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga telah melakukan rapat koordinasi (high level meeting) untuk menjaga stabilitas harga pangan terutama beras serta melakukan pemantauan langsung ke gudang distributor dan pedagang eceran di pasar tradisional bersama Satgas Pangan," katanya.

Pemerintah provinsi juga telah menerbitkan Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung No.510/244 tanggal 13 Oktober 2023 tentang Harga Komoditi Beras di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut