get app
inews
Aa Read Next : Inflasi Babel Terendah Seluruh Indonesia, BPS Warning Daya Beli Masyarakat Loyo

Usaha E-Commerce di Babel Meningkat 24,79 Persen

Senin, 30 Oktober 2023 | 16:40 WIB
header img
Kepala BPS Babel, Toto Haryanto Silitonga. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah usaha E-Commerce pada 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meningkat sebesar 24,79 persen, dibandingkan tahun 2020. Sementara untuk usaha non E-Commerce pada 2022 mengalami penurunan sebesar 4,38 persen dibandingkan tahun 2020.  

"Jika kita lihat distribusinya, usaha E-Commerce yang ada di Babel baru mencapai 30,13 persen dari seluruh usaha cakupan sampel survei E-Commerce di Babel ini," kata Kepala BPS Babel, Toto Haryanto Silitonga, Senin (30/10/2023).

Hal itu, kata Toto, menunjukkan walaupun secara jumlah usaha non E-Commerce lebih mendominasi, namun dari sisi pertumbuhan usaha E-Commerce lebih menunjukkan adanya peningkatan pesat. 

"Pentahelix merupakan konsep multi pihak dimana unsur pemerintah, akademisi, badan dan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media massa berkolaborasi serta berkomitmen untuk mencapai tujuan yang sama, dalam hal ini terkait peran E-Commerce dalam perekonomian Babel," ujarnya. 

Ia menambahkan, berdasarkan catatan Bank Indonesia (BI) total transaksi E-Commerce di Indonesia menunjukkan perkembangan yang positif. Sepanjang tahun 2022, total nilai transaksi E-Commerce mencapai Rp 476,3 triliun, atau naik 18,78 persen dari periode sama tahun sebelumnya.  

Transaksi ekonomi dan keuangan digital memang semakin  digandrungi   dan makin meluas ke berbagai lapisan masyarakat, bahkan  menjadi preferensi serta kebiasaan baru.  

"Kehadiran E-Commerce tidak hanya memberi andil dalam merubah pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat, namun juga menciptakan peluang ekonomi baru bagi individu-individu untuk menjadi enterpreneur yang ke depannya diharapkan dapat memperluas lapangan pekerjaan" ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut