get app
inews
Aa Read Next : Israel Bombardir Gudang Senjata Hamas di Khan Yunis

Usia 9 Tahun Daftar Tentara dan jadi Bintara Termuda, Pria ini Terlibat di Banyak Perang

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 15:09 WIB
header img
Johnny Lincoln Clem, sudah menjadi tentara AS di usia 9 tahun. Foto: wikipedia.com

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - "Kami tidak merekrut seorang bayi", adalah kalimat pertama yang didapat John Lincoln Clem saat nekad kabur dari rumah dan mendaftarkan diri sebagai tentara di Angkatan Darat. Wajar saja, karena saat itu John terlihat masih sangat imut dan memang baru berusia 9 tahun.

John Lincoln Clem lahir di Newark, Ohio, AS pada 13 Agustus 1851. Entah bagaimana, saat pecah perang saudara Amerika, John memutuskan berpihak pada kubu Union dan kabur dari rumah untuk mendaftakan diri untuk berperang pada Mei 1861, saat usianya belum genap 10 tahun.

Pendaftaran pertamanya ditolak oleh Komandan Resimen ke III Angkatan Darat Ohio. John tidak menyerah dan mendaftar lagi ke Resimen ke-22 Michigan dan ditolak.

Pada masa itu, dalam barisan prajurit infanteti, ada peran pemukul drum penyemangat prajurit, dan berkat kegigihannya, John akhirnya diterima sebagai pemukul drum perang. Namun dirinya masih belum diijinkan ikut kemedan perang dan hanya tinggal di kamp pasukan.

Awal tahun 1862, John mulai diberi tugas sebagai pemukul drum pasukan dan terlibat dalam berbagai pertempuran. Hingga kemudian dalam sebuah pertempuran di Shiloh, drum yang dibawa John hancur terkena serpihan bom. Ajaibnya John tidak mengalami luka apapun. Peristiwa ini kemudian membuat dirinya menjadi terkenal dengan sebutan "Johnny Shiloh, Drummer Terkecil.". Sebutan Johnny kemudian akrab disematkan pada dirinya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut