get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Warga Pelangas Bangka Barat Lestarikan Budaya Lewat Ritual Adat Setana Jering dan Maulid Agung

Rabu, 11 Oktober 2023 | 16:35 WIB
header img
Ritual Adat Setana Jering dan Maulid Agung. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Masyarakat Desa Pelangas, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, menggelar Ritual Adat Setana Jering dan Maulid Agung di Setana Jering Amantubillah pada Senin (9/10/2023) lalu. 

Kegiatan Maulid Agung ini, dijelaskan Datuk Sardi selaku Ketua Lembaga Adat Suku Jering, memiliki beberapa rangkaian kegiatan ritual, seperti salah satunya Ngerabun Pusaka. 


Ritual Adat Setana Jering dan Maulid Agung. Foto: Istimewa.
 

"Sebagai pelaksanaan perintah Tuhan untuk hubungan Hablum Minal Makhluq. Berupa hubungan baik kita manusia dengan semua makhluk untuk memperkuat keyakinan Idup Beradet Matei Beriman," kata Datuk Sardi.

Datuk Sardi mengungkapkan, kegiatan turut disertai dengan pemberian gelar Datuk Radendo Panglima Jaga Negeri kepada Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra. 

"Hari ini ada sosok anak Negeri yang cukup berjasa dan mampu menjadikan Negeri ini aman damai, sehingga kita makin sejahtera. Beliau sekarang ada di tengah-tengah kita, yakni Irjen Pol Drs Yan Sultra, Kapolda Bangka Belitung yang tadi telah menjadi kerabat urang Jering dengan Darjah Datuk Radendo Panglima Jaga Negeri," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut