get app
inews
Aa Read Next : Cara Menghitung Cepat Rambat, Dilengkapi dengan Contoh Soal

Bibit Siklon 91W, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Indonesia

Senin, 24 Januari 2022 | 16:14 WIB
header img
BMKG mengingatkan agar berhati-hati, karena ancaman gelombang tinggi capai 4 meter.(Foto:Dok iNews.id)

JAKARTA, lintasbabel.id - Warga yang biasa beraktifitas di perairan, diminta waspada pasalnya ada potensi ketinggian gelombang mencapai 4 meter. Hal ini akibat Bibit Siklon Tropis.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mematau pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 91W yang terbentuk di sekitar Samudra Pasifik barat sebelah timur Filipina bagian selatan. Kecepatan angin maksimum di sekitar mencapai 20 knot atau 37 km/jam. 

"Sistem Bibit Siklon 91W bergerak ke arah barat hingga barat laut mendekati wilayah daratan Filipina dan semakin menjauhi wilayah Indonesia. Dalam periode 24 jam kedepan masih berada pada kategori rendah untuk menjadi sistem Siklon Tropis," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan pers, Senin (24/1/2022).

Guswanto mengatakan, Bibit Siklon dapat meningkat menjadi Siklon Tropis apabila kecepatan angin maksimum mencapai minimal 35 knot atau 65 km/jam. Keberadaan Bibit Siklon Tropis 91W dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah perairan Laut Sulu, Laut Sulawesi dan perairan sebelah utara Maluku Utara. 

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut di yang terbentuk di wilayah perairan," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut