get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Jumlah Sapi 5.800 Ekor, Bangka Tengah Swasembada Daging Sapi

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:45 WIB
header img
Gubernur Babel Erzaldi Roesman didampingi Bupati Kabupaten Bangka Tengah Algafry Rahman. (Foto : iNews.id / Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Jumlah populasi sapi tinggi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Roesman, mendorong Kabupaten Bangka Tengah dapat terus swasembada daging sapi. Ia juga meminta populasi sapi terus di tingkatkan.

Saat ini jumlah populasi sapi di Kabupaten Bangla Tengah telah mencapai 5.800 hingga 6.000 ekor sapi. Angka ini telah menyumbang 35 persen populasi sapi di Bangka Belitung. 

"Kami terus memacu Kabupaten Bangka Tengah ini menjadi salah satu Kabupaten yang swasembada daging sapi nya tinggi. Memang selama ini Kabupaten Bangka Tengah untuk daging sapinya sendiri sudah swasembada, dengan jumlah populasi sapi yang saat ini hampir 6.000 ekor. Dan jumlah populasi ini, 35 persen jumlah populasi di Babel," ujar Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, Rabu (19/1/2021).

Pihaknya juga mendukung Pemerintah daerah Kabupaten Bangka Tengah yang memerlukan lahan seluas 200 hektar sebagai tempat pengembangan sapi. 

"Yah pak bupati tadi sudah menyampaikan kepada saya terkait dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan kementrian, karena pak Bupati Bangka Tengah butuh kurang lebih 200 hektar lahan untuk pengembangan sapi," katanya. 

Ini, sebutnya, akan dialokasikan lahan 200 hektar nanti di food estate yang akan dirancang dengan baik.

"Tahun ini insyaallah akan kami serahkan kepada pak bupati untuk di manfaatkan dengan baik. Setelah ada lahan maka diharapkan Kabupaten Bangka Tengah bisa mendapatkan bantuan sapi sebanyak 1.000 ekor dari pemerintah pusat," ujarnya. 

Erzaldi pun berharap populasi sapi di Kabupaten Bangka Tengah terus meningkat hingga 30 persen dari jumlah populasi sapi saat ini. 

"Kami berharap populasi sapi ini dapat terus meningkat hingga 30 persen lagi dari jumlah yang ada saat ini. Jadi sekitar 1.800 ekor sapi lagi yang harus di tingkatkan. Dengan perhatian husus dan lebih kepada para peternak kita, saya yakin dan percaya para peternak kita dapat lebih terberdayakan," ucapnya.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut