get app
inews
Aa Read Next :  Libur Lebaran, Pantai Batu Rakit dan Pesanggrahan Menumbing Jadi Tempat Favorit Pengunjung

Inilah Tempat Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Babel, Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan RI

Rabu, 16 Agustus 2023 | 17:39 WIB
header img
Bung Karno dan Bung Hatta pernah diasingkan di Pulau Bangka. Berikut ini tempat pengasingan mereka selama di Bangka Belitung. Foto: Net.

Pesanggrahan BTW: Tempat Pengasingan Soekarno


Pesanggrahan BTW (Bangka Tin Winning) dahulu dikenal dengan nama Wisma Ranggam, tempat pengasingan Bung Karno di Babel. Foto: Net.
 

Pesanggrahan BTW, yang juga dikenal sebagai Wisma Ranggam, terletak sekitar 6,9 kilometer dari Pesanggrahan Menumbing. Tempat ini awalnya adalah mes para karyawan Bangka Tin Winning. Inilah tempat dimana Soekarno diasingkan.

Kamar Soekarno di Pesanggrahan BTW memiliki lokasi strategis di sisi kiri ruang pertemuan dan bersebelahan dengan kamar Agus Salim. Kamar ini dilengkapi dengan meja, kursi, tempat tidur, dan lemari. 
Beberapa benda dan perabotan yang digunakan oleh Soekarno, seperti tongkat dan peci, direplikasi dan dipajang di dalam kamar. Tidak hanya itu, terdapat pula lukisan dan foto-foto Soekarno yang menghiasi dinding kamar seluas sekitar 4x4 meter.

Pesanggrahan BTW telah mengalami renovasi sebanyak tiga kali pada tahun 2003, 2009, dan 2013. Pengelolaan tempat ini kini diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sejak tahun 2010. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut