get app
inews
Aa Read Next :  Libur Lebaran, Pantai Batu Rakit dan Pesanggrahan Menumbing Jadi Tempat Favorit Pengunjung

Inilah Tempat Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Babel, Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan RI

Rabu, 16 Agustus 2023 | 17:39 WIB
header img
Bung Karno dan Bung Hatta pernah diasingkan di Pulau Bangka. Berikut ini tempat pengasingan mereka selama di Bangka Belitung. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Inilah tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Babel, saksi bisu perjuangan kemerdekaan RI. Pulau Bangka, yang terkenal sebagai penghasil timah, menyimpan sejarah bagi perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang teramat berharga. 

Sejumlah tokoh penting bangsa, termasuk Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta, pernah diasingkan di pulau ini sebagai akibat dari Agresi Militer Belanda pada tahun 1949. Pengasingan ini menjadikan Pulau Bangka sebagai saksi bisu perjalanan panjang menuju kemerdekaan bangsa.

Inilah Tempat Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Babel

Dalam rentang sejarah yang penuh perjuangan tersebut, terdapat dua tempat yang menjadi saksi bisu pengasingan Soekarno dan Hatta, yakni Pesanggrahan Menumbing dan Pesanggrahan BTW (Bangka Tin Winning). Kedua tempat tersebut, kini telah menjadi objek wisata sejarah di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Pesanggrahan Menumbing: Jejak Pengasingan Mohammad Hatta


Pesanggrahan Menumbing, tempat pengasingan Bung Karno yang terletak di Kabupaten Bangka Barat. Foto: Net.
 

Pesanggrahan Menumbing berlokasi di bukit dengan ketinggian mencapai 445 meter di atas permukaan laut. Bangunan ini, yang awalnya merupakan hotel bernama Berghotel pada masa pemerintahan Belanda, menjadi saksi bisu bagi pengasingan Mohammad Hatta dan beberapa tokoh lainnya. 

Meskipun terlihat seperti benteng dengan beberapa lantai, bangunan ini memiliki ruang tamu, ruang pertemuan, ruang kerja, dan kamar tidur.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut