get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT ke-266 Kota Pangkalpinang, Camat Taman Sari Gelar Lomba Perahu Dayung

Sejarah Bendera Merah Putih, Ternyata Sudah Dikenal Sebelum Masa Kemerdekaan

Selasa, 08 Agustus 2023 | 19:46 WIB
header img
Bebas dari Lapas Indramyau, Napi Teroris cium bendera merah putih wujud kesetian kepada NKRI. Foto: DOK.iNews.id

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Sejarah bendera Merah Putih, penting untuk diketahui oleh setiap warga negara Indonesia. Hal ini menjadi bukti kecintaan kepada nusa bangsa, apalagi bulan Agustus saat ini adalah momen bersejarah, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.


Upacara bendera bertajuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Kamis (01/06/2023). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.
 

Lantas, seperti apa sejarah dari Sang Saka Merah Putih? Inilah ulasan singkatnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Sejarah Bendera Merah Putih

Bendera merah putih atau panji berwarna merah dan putih, ternyata sudah dikenal lama oleh bangsa Indonesia, bahkan sebelum masa kemerdekaan. 

Sejak zaman kerajaan di bumi Nusantara, panji perang berwarna merah dan putih sudah digunakan oleh banyak kerajaan. Seperti Majapahit, Singasari dan kerajaan Islam.

Penggunaan panji berwarna merah dan putih diteruskan oleh para pejuang kedaerahan hingga para cendekiawan dan Nasionalis pada tahun 1928, yang terus berlanjut hingga bangsa kita berhasil merdeka. 
Hingga hari ini, sang Merah Putih terus berkibar sebagai bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bendera Merah Putih yang pertama kali dikibarkan adalah bendera yang dijahit oleh Fatmawati pada proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, atau yang dikenal dengan sebutan Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

Fatmawati ketika menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih. Foto: Dok./ Istimewa

 

Bendera Pusaka tersebut terus dikibarkan pada upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka hingga tahun 1968, kemudian diganti dengan bendera replika dari bahan sutera.

Bendera replika itulah yang terus dikibarkan hingga kini, sementara Bendera Pusaka yang asli disimpan di Monumen Nasional karena sudah pudar dan rapuh.

Sejak saat itu, Indonesia tidak lagi mengibarkan bendera merah putih asli, melainkan duplikasinya. Bendera Pusaka kemudian disimpan di vitrin yang terbuat dari flexi glass di Ruang Bendera Pusaka di Istana Merdeka.

Bendera Pusaka pernah dikonservasi oleh Balai Konservasi Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta pada 21 April 2003. Tujuannya untuk membersihkan bendera dari noda dan kotoran, menghilangkan bekas lipatan, merestorasi bagian yang robek, menghilangkan jamur, dan disimpan kembali dalam keadaan digulung. Kemudian, Bendera Pusaka dijadikan Cagar Budaya Nasional.

Demikianlah sejarah bendera merah putih. Semoga bermanfaat.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut