get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Kopi Es Sudirman, Tempat Ngopi Asyik di Jantung Kota Pangkalpinang, Milenial Merapat

Jum'at, 28 Juli 2023 | 23:18 WIB
header img
Bayu Hardiyanto, pemilik Kopi Es Sudirman. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Satu lagi tempat kuliner yang sekaligus menjadi area nongkrong asyik, hadir di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, sang pemilik Bayu Hardiyanto melabeli bisnisnya dengan nama Kopi Es Sudirman


Kopi susu Sudirman, salah satu menu andalan di Kopi Es Sudirman. Foto: Istimewa.
 

Suasana nyaman langsung terasa ketika mendatangi tempat ini. Ramainya pengunjung membuktikan bahwa usaha yang dirintis sejak 13 Juni 2023 ini, menjadi pilihan favorit anak muda Kota Pangkalpinang. Belasan pegawai tampak sibuk dan piawai melayani pengunjung. Hilir mudik pegawai ini menunjukkan bahwa usaha ini sudah menjadi pilihan utama anak muda. 

"Tiga bulan lalu kami membuka bisnis ini. Dulunya di sini kami buka toko baju Aogla. Tapi, kurang begitu diminati. Akhirnya putar otak, jadilah pilihannya buka Kopi Es Sudirman," kata Bayu, Jumat (28/7/2023). 

Menurut Bayu, memang banyak warung kopi yang ada di Kota Pangkalpinang. Namun, yang cocok untuk kalangan anak muda masih terbilang sedikit. 


Mie Ikan Sudirman. Foto: Istimewa.
 

"Kalau warkop di Bangka ini biasanya kan konsumennya sudah ada, pelanggannya loyal, sangat loyal sekali. Masalah lidah soalnya, orang Bangka khususnya Kota Pangkalpinang, kalo sudah cocok di lidah pasti balik lagi, mau itu tempatnya tersembunyi sekalipun, pasti balik lagi," ujarnya. 

Lantaran hal itu, Bayu bersama istrinya Kenny Damayanti berupaya membuat pelanggan dan calon konsumennya betah, dengan menyajikan menu yang pas di lidah siapapun, terutama kalangan milenial

"Menu andalan di sini ada kopi es Sudirman, makanan khas lokal kayak bakwan, mie kuah ikan, tekwan, pempek kampung. Tentu saja target terbesar kami adalah menyasar anak muda milenial," ucapnya. 

Pria 33 tahun yang punya hobi bermain skateboard ini, menyebut ide awal Kopi Es Sudirman dari negeri jiran. 


Pilihan menu Kopi Es Sudirman. Foto: Istimewa.
 

"Mengapa kopitiam itu identik dengan Malaysia atau Singapura? Pertanyaan yang selalu membuat saya berpikir, gimana kalau di Pangkalpinang ada juga yang khas, identik soal kuliner. Maka lahirlah Kopi Es Sudirman. Kebetulan lokasinya di seberang Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, dan di Jalan Sudirman," katanya. 

Anda yang mau ke Kopi Es Sudirman bisa langsung datang ke sini, karena usaha ini buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 23.00 WIB. 

Untuk satu gelas kopi hitam panas, harga yang ditawarkan terbilang masih terjangkau yakni Rp10 ribu. Atau Anda bisa memilih menu andalan Kopi Pandan seharga Rp20 ribu. 

"Ada juga Paket Merdeka isinya Sosis, Kentang, Ubi Goreng dan Pisang Goreng, itu Rp30 ribu. Kalau untuk makanan agak berat ada Mie Ikan Sudirman Rp20 ribu, Lenggang Kampong Rp16 ribu, ada juga Bakwan Tenggiri Rp20 ribu. Kalau untuk kopi per hari saja kita mampu menjual hingga ratusan gelas, alhamdulillah," tuturnya. 

"Ke depan, impian saya ingin bikin gerai baru di setiap jalan Jenderal Sudirman di Indonesia. Di Bandung ada Kopi Es Sudriman, di Bali ada Kopi Es Sudirman, di Kalimantan juga. Konsepnya insya Allah kita akan buka mitra, semacam franchise gitu," katanya lagi. 


Bayu Hardiyanto, pemilik Kopi Es Sudirman. Foto: Istimewa.
 

Bayu juga mengungkapkan rasa syukurnya atas usahanya ini yang sudah mulai diminati masyarakat Kota Pangkalpinang. Dia berharap para pelanggannya dapat terus bertambah. 

"Selain pelanggan nambah, menunya juga nanti kita bikin yang lebih joss lagi, sedang di riset, Kira-kira apa yang kena, yang cocok di lidah milenial Bangka khususnya Kota Pangkalpinang. Yang belum atau mau ke Kota Pangkalpinang, jangan lupa mampir ke Kopi Es Sudirman. Rasakan sendiri sensasinya nanti kalo sudah di sini. Makasih untuk semua pihak yang sudah menyuport bisnis ini, terutama para pelanggan, tanpa kalian Kopi Es Sudirman bukan apa-apa," katanya. 

Untuk melihat seperti apa menu dan suasana Kopi Es Sudriman, Anda bisa langsung mengecek ke akun Instagram @kopiessudirman.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut