get app
inews
Aa Read Next : Pawai Obor Meriahkan Tahun Baru Islam 1445 H di Pangkalpinang

Jangan Lewatkan! Inilah 13 Amalan 1 Muharram yang Memiliki Keutamaan Berlipat Ganda

Selasa, 18 Juli 2023 | 21:00 WIB
header img
Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1445 H jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Foto: Dok./ iNews.id.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Jangan lewatkan, inilah 13 amalan 1 Muharram yang memiliki keutamaan berlipat ganda. Muharram menjadi salah satu dari bulan suci dalam agama Islam yang amalannya punya banyak keutamaan. 

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam Kalender Hijriah. Muharam berasal dari kata yang artinya diharamkan atau dipantang, yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. 

Dalam pandangan Islam, malam 1 Suro atau malam 1 Muharram merupakan waktu terbaik untuk berdoa dan melakukan amaliah ibadah. Malam 1 Suro juga menjadi momentum tepat bagi Muslim untuk bermuhasabah atas perbuatan yang telah dilakoni selama setahun terakhir.

13 Amalan yang Sangat Dianjurkan Ketika 1 Muharram 

1. Berpuasa 

Di bulan Muharram, terdapat dua puasa yang paling utama, yakni puasa sunnah Tasu'a  dan Asyura. Puasa Tasu'a dan Asyura termasuk dalam keutamaaan berpuasa di bulan mulia atau disebut Al-Asyhurul Hurum. 

Puasa Asyura ialah ibadah yang dijalankan pada 10 Muharram. Sementara sebelum ibadah puasa tersebut, dianjurkan memulai dengan puasa Tasu'a 9 Muharram. 

2. Bersedekah

Memperbanyak sedekah juga disunahkan sebagai amalan pada tanggal 1 Muharram. Dalam hadits dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan berpuasa selama setahun, dan barangsiapa bershadaqah di hari ini, maka seakan-akan bershadaqah selama satu tahun." 

3. Menyenangkan Keluarga 

Menyenangkan atau memuliakan keluarga menjadi salah satu amalan yang disunnahkan dalam bulan Muharram. Dalam sebuah hadits dari Abi Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa menyenangkan keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan memberikan kesenangan kepadanya (meluaskan rizkinya) di tahun-tahun berikutnya." (HR. Al-Baihaqi dan Ath-Thabarani).

4. Bertaubat Kepada Allah SWT 

Di bulan Muharram dianjurkan untuk memperbarui taubat serta kembali kepada Allah SWT. Sebab di bulan Muharram, seperti yang telah disebutkan dalam sebuah hadits, terdapat hari di mana Allah memberikan pengampunan kepada sebuah kaum di bulan Muharam. 

5. Menyambung Silaturahmi

Menyambung silaturahmi saat bulan Muharram sangat baik dilakukan. Karena hadits Nabi tentang silaturahmi dapat melapangkan pintu rizki dan memperpanjang umur, alangkah baiknya juga dikerjakan pada bulan Muharram. 

6. Menjenguk Orang Sakit 

Bulan Muharram sangat dimuliakan, maka dari itu, memperbanyak melakukan kebaikan pada bulan ini juga sangat dianjurkan, termasuk salah satunya adalah menjenguk orang yang sakit. 

7. Meningkatkan Ibadah Sholat Wajib dan Sunnah

Meningkatkan ibadah sholat wajib dan sunah pada bulan Muharram akan dilipatgandakan pahalanya. Banyak ulama meyakini sepanjang Muharram baik untuk meningkatkan intensitas ibadah sholat wajib dan sunah. 

8. Membaca Surah Al- Ikhlas 1.000 kali 

Salah satu amalan pada saat bulan Muharram yakni membaca surat Al Ikhlas sebanyak 1.000 kali. Sesuai hadist yang berbunyi:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali, maka dıa tidak akan mati sebelum melihat tempatnya di surga,” (Al-Hadits Kanzul-Ummal).

9. Menyayangi Anak Yatim

Menyayangi anak yatim saat saat bulan Muharram baik dilakukan. Menurut Kiai Cholil, Rasulullah adalah sosok penyayang anak yatim. Karena itu pula, hari baik Asyuro atau bulan Muharram dipakai sebagai momentum untuk menyantuni anak yatim. 

10. Memotong dan Membersihkan Kuku 

Memotong dan memberihkan kuku merupakan kegiatan untuk menjaga kebersihan tubuh. Tetapi memotong kuku akan menjadi amalan yang sangat luar biasa apabila dikerjakan di saat hari Asyura atau tanggal 10 Muharram. 

11.Berziarah

Adapun amalan selanjutnya yaitu kita bisa berziarah kubur kepada makam-makam kerabat keluarga serta kaum muslimin dan muslimat lainnya untuk senantiasa mengirimkan doa kepada mereka agar dilapangkan dari siksaan kubur dan dijauhkan dari api neraka.

12. Perbanyak Dzikir

Tahun baru Islam menjadi waktu yang baik untuk banyak mengingat Allah SWT atau dzikir. Perintah untuk mengingat Allah ini telah disebutkan dalam beberapa surat dalam Al Quran, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 41-42, yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang."

13. Membuat Celak Mata

Dalam Islam, bercelak atau memakai celak itu sunnah baik bagi laki-laki maupun wanita. Dan dibolehkan bagi wanita berhias dengan memakai celak di kedua matanya jika berada di antara wanita, dan di depan suaminya atau di hadapan para mahram.

Nah, saat menggunakan celak, dianjurkan untuk membaca doa ini, agar penampilan bisa indah dan terberkahi.

Allahumma nawwir bashar wa bashiratî  waj'al sarirati khairan min 'alaniyatî, waj'al 'alaniyati shalihatan.

Artinya: “Wahai Tuhanku, cahayakanlah mata dan hatiku".

Itulah beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada 1 Muharram. Dengan balasan pahala berlipat ganda. Semoga bermanfaat!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut