get app
inews
Aa Read Next : Tips Mengerjakan Soal Akhlak BUMN 2023

Holding BUMN Pangan Resmi Didirikan, Ciptakan Ekosistem Pangan Terintegrasi

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:31 WIB
header img
PT RNI menjadi induk Holding BUMN Pangan atau ID Food. (Foto: Dok/ SindoNews)

JAKARTA, lintasbabel.id - Pemerintah resmi melndirikan Holding BUMN Pangan. PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI, kini secara resmi berganti nama menjadi ID Food. Perusahaan pelat merah ini akan menjadi holding pangan, setelah mengambil alih saham lima BUMN lainnya ke dalam satu bendera.

Peluncuran dilakukan di kawasan Kota Tua Jakarta pada, Rabu 12 Januari 2022. Di mana pemerintah telah mengalihkan saham saham (inbreng) lima BUMN di sektor pangan. Kelimanya antara lain PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia (Persero), PT Berdikari, dan PT Garam.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mencatat, salah satu tujuan Holding BUMN Pangan adalah memperbaiki tata kelola rantai pasok (suply chain) pangan guna mewujudkan ketahanan pangan nasional. 

"Tentu kita tidak bicara seluruh Indonesia, kita bicara pihaknya kita dulu, perbaikan suply chain di pangannya BUMN. Kita mergerkan dari 8 perusahaan jadi 5. Kalau kurang kita mergerin lagi, kalau masih bandel kita mergerin lagi. tapi saya rasa 5 angka yang bagus," ujar Erick dalam peresmian Holding pangan di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Erick menegaskan, peluncuran brand nama dan logo baru Holding Pangan bukan semata simbolik belaka. Namun, menjadi awal dari upaya pemerintah mewujudkan kemandirian pangan nasional. 

Erick mengingatkan, agar jajaran direksi BUMN yang tergabung dalam Holding Pangan harus membangun satu ekosistem pangan yang terintegrasi. Salah satunya melibatkan pihak swasta. 

"Peluncuran ID Food ini saya sudah tekankan kepada para direksi, yang di ID Food, ini bukan peluncuran logo, bukan hanya simbolik, tapi apa konkret results-nya. apa konkret hasilnya, dan saya minta seluruh direksi BUMN di sini yang hadir, harus menjadi eksosistem itu," tuturnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut