get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Rumah di Kampung Ulu Mentok Terendam Banjir

Rusia Ledakkan Bendungan Kakhovka, Ukraina Dihantui Bencana Baru

Jum'at, 09 Juni 2023 | 07:51 WIB
header img
Situasi wilayah Kakhovka Ukraina pasca bendungan di daerah setempat diledakkan oleh Rusia. Foto: net.

KAKHOVKA, Lintasbabel.iNews.id - Bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kakhovka yang melintang diatas sungai Dnipro, hancur setelah diledakkan oleh pasukan Rusia yang menduduki wilayah tersebut. Akibatnya ratusan ribu rumah warga Ukraina tergenang banjir dan menimbulkan bencana kemanusiaan baru.

Dam PLTA Kakhovka pada Selasa, 6 Juni 2023 dilaporkan rusak parah akibat ledakan sehingga tidak dapat menahan debit air sungai Dnipro. Air yang tidak terbendung lagi langsung meluap dan merendam wilayah selatan Ukraina dan mengakibatkan banjir hingga ketinggian 4,5 meter.

Komando Operasi Ukraina Selatan melaporkan bahwa kerusakan tersebut diakibatkan ledakan yang disengaja oleh pihak Rusia. Dilansir dari Pravda.com, sebuah video yang tersebar luas di medsos menunjukkan detik-detik jebolnya bendungan Kakhovka. Beberapa saat sebelum bendungan jebol, terlihat sebuah ledakan disisi timur sungai Dnipro yang dikuasai pasukan Rusia. Ledakan ini kemudian menyebabkan bendungan runtuh dan mengancam wilayah dibawahnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut