get app
inews
Aa Read Next : Apple Bakal Rilis Mesin Pencari Saingan Google

Wow! Valuasi Apple Mencapai Rp43.000 Triliun, Kalahkan Google dan Microsoft

Selasa, 04 Januari 2022 | 12:50 WIB
header img
Logo Apple. (Foto: REUTERS/Mike Segar)

Tapi tak berselang lama, Apple mungkin akan memiliki beberapa pesaing perusahaan di klub USD3 triliun. Diketahui, Microsoft (MSFT) bernilai sekitar USD2,6 triliun dan nilai pasar pemilik Google Alphabet (GOOGL) sekitar USD2 triliun.

Kemudian, Amazon (AMZN) yang memiliki kapitalisasi pasar USD1,7 triliun, dan Tesla (TSLA) milik Elon Musk senilai USD1 triliun.

Melansir Bloomberg, Apple sangat rentan terhadap salah satu kekhawatiran ekonomi makro terbesar untuk 2022, yakni inflasi. Tidak seperti perusahaan perangkat lunak dan internet, bisnis utama perusahaan melibatkan penjualan produk perangkat keras fisik.

Hal ini berarti jika upah, pengiriman dan biaya bahan baku terus naik, profitabilitas Apple akan berkerut. Sebab, iPhone dan Mac dijual dengan harga tinggi dibandingkan dengan pesaing mereka, perusahaan memiliki kemampuan terbatas untuk menaikkan harga lebih jauh.

Banyak konsumen dapat dengan mudah menunda pembelian smartphone seharga USD1.000 dengan mempertahankan iPhone lebih lama.

Di luar faktor ekonomi eksternal, prospek Apple diragukan telah meningkat secara dramatis untuk membenarkan reli terbaru. Pada akhir Oktober, raksasa teknologi itu meleset dari ekspektasi penjualan analis untuk tiga bulan yang berakhir pada September.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut