get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Menko PMK Apresiasi Keseriusan Pemkab Beltim Tangani Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Sabtu, 15 April 2023 | 20:25 WIB
header img
Bupati Beltim, Burhanudin. Foto: Istimewa.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id - Sebagai langkah percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menggelar Roadshow Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan ini  diikuti oleh Kabupaten Belitung Timur serta kabupaten/kota lainnya di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (14/04/23) lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Belitung Timur, Burhanudin, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur memaparkan penanganan serta usaha yang dilakukan pemerintah daerah terkait stunting dan kemiskinan di Kabupaten Belitung Timur. 

Dipaparkannya mengenai kemiskinan, Burhanudin menjelaskan bahwa seluruh desa yang ada di Kabupaten Belitung Timur telah melaksanakan verifikasi dan validasi data terkait sasaran percepatan penurunan kemiskinan ekstrem serta telah melakukan musyawarah desa. 

Ia juga menambahkan bahwa dari Data Pensasaran Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) jumlah data individu maupun jumlah data keluarga mengalami penurunan. 

“Dari hasil verifikasi data P3KE terdapat pengurangan jumlah individu atau keluarga kemiskinan ekstrem di Belitung Timur, dan ini sedang kami proses untuk penetapan Keputusan Bupati Belitung Timur terhadap data yang ada,” ujarnya. 

Di samping itu, ia turut memaparkan mengenai stunting di Kabupaten Belitung Timur yang mengalami penurunan menurut beberapa lembaga survei di tahun 2022. 

Burhanudin mengatakan penurunan angka kemiskinan ekstrem maupun stunting tidak menjadikan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur berpuas diri. Diperlukan upaya yang lebih keras lagi dari pemerintah daerah, pemerintah desa, stakeholder maupun masyarakat supaya angka ini dapat terus diminimalisir. 

“Untuk penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, alhamdulilah kita mengalami penurunan di tahun 2022, dan di tahun 2023 kemiskinan kita turun se-Bangka Belitung, namun bukan berarti masalah ini tuntas, kita harus menurunkan lagi. Oleh karena itu, ini membutuhkan kerja keras dari berbagai pihak,” ujar Burhanudin. 

Dalam kesempatan ini, Menko PMK  memberikan apresiasinya kepada Bupati Belitung Timur atas konsistensinya untuk terus memverifikasi dan memvalidasi data P3KE, karena data ini sangat penting sebagai referensi penetapan sasaran bagi program penghapusan kemiskinan ekstrem yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Kepada Pak Bupati Belitung Timur, saya terima kasih telah melakukan verifikasi dan validasi Data P3KE di seluruh desa, karena ini dijadikan dasar eksekusi atau penanganan kemiskinan ekstrem,” ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut