get app
inews
Aa Read Next : 6 Kebijakan Pertahanan Negara versi Menhan Prabowo, Buka Peluang Sipil Dipersenjatai

Ikuti Polandia dan Slovakia, Makedonia Utara Sumbang 12 Helikopter Serang ke Ukraina

Senin, 27 Maret 2023 | 00:37 WIB
header img
Helikopter Serang Mi-24. Foto: pravda.com.

KIEV, Lintasbabel.iNews.id - Menteri Pertahanan Makedonia Utara, Slavjanka Petrovska mengumumkan akan segera mengirimkan 12 helikopter serang Mi-24 ke Ukraina

Komitmen negara-negara Eropa dan Amerika untuk mendukung perjuangan pasukan Ukraina terus berdatangan. Walaupun tidak mengirimkan tentara organik untuk terlibat dalam pertempuran, namun kemampuan Ukraina menahan agresi militer Rusia kali ini tidak terlepas dari dukungan persenjataan modern negara-negara sahabat.

Uniknya, selain Inggris dan Amerika, dukungan persenjataan justru banyak berdatangan dari negara-negara eropa timur yang notabenenya pernah menjadi sekutu Rusia. Kala itu Rusia yang masih bernama Uni Soviet menjadi sentral kekuatan Pakta Warsana atau blok timur dimasa perang dingin.

Kali ini giliran Makedonia Utara yang mengkonfirmasi pengiriman 12 unit helikopter serang jenis Mi-24 ke Ukraina. Sebelumnya pada bulan Agustus 2022, negara pecahan Yugoslavia yang terletak di semenanjung Balkan ini juga telah menyerahkan 4 pesawat tempur SU-25 dan beberapa unit tank T-72 ke Ukraina.

Dilansir dari laman pravda.com, Menteri Pertahanan Makedonia Utara, Slavjanka Petrovska menegaskan bantuan yang diberikan ini tidak akan melemahkan kemampuan pertahanannya, mengingat peralatan yang diserahkan memang sudah direncanakan untuk regenerasi dengan peralatsn yang lebih muktahir.

"Semua peralatan yang telah ditransfer sejauh ini, selain fakta bahwa itu atas permintaan Ukraina, mereka membutuhkannya, dan itu adalah peralatan yang digunakan dengan terampil oleh tentara Ukraina. Ini adalah peralatan yang, menurut rencana kami , mencapai akhir masa pakainya," kata Petrovska.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut