get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Bangka Belitung Hari ini 8 April 2023

Jadwal Imsak 4 Ramadhan 1444 Wilayah Bangka Belitung, Simak Tips Memilih Makan Sahur yang Tepat

Sabtu, 25 Maret 2023 | 21:53 WIB
header img
Jadwal imsakiyah wilayah Bangka Belitung, Minggu 25 Maret 2023. (Foto: Istimewa).

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Batas waktu makan sahur alias imsak pada hari ke-4 Ramadhan 1444 Hijriyah dapat diketahui di dalam tulisan berikut ini. Imsak memang bukan patokan seseorang tidak boleh makan sahur, karena sejatinya terakhir kali makan sahur berhenti ketika sudah terdengar Adzan Subuh.

Hanya saja, imsak menjadi waktu agar umat muslim mempercepat makan sahur agar memberi jeda bagi tubuh untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan sholat subuh. 

Karena kondisi perut yang kekenyangan atau terlalu dipenuhi dengan makanan tentunya akan membuat ibadah tidak khusyuk. 

Selain itu, terdapat beberapa menu makanan sahur yang bisa membuat tubuh menjadi lemas selama puasa. 

Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi.,RD., membagikan sejumlah tips memilih makan sahur yang tepat agar tubuh tidak merasa lemas dan lapar selama istirahat.

“Upayakan makan sahur mendekati waktu imsak dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ada karbohidrat, protein, sayur dan buah,” katanya, seperti dilansir dari ugm.ac.id, Sabtu (24/3/2023). 

Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini menjelaskan saat makan sahur, pilihlah makanan yang lambat dicerna. Misalnya, karbohidrat sebaiknya memilih karbohidrat kompleks. Beberapa di antaranya seperti nasi merah, roti gandum, dan oat.

“Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lama untuk dipahami sehingga membantu menjaga rasa puas lebih lama saat istirahat,” ujarnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi protein seperti kacang-kacangan, daging, dan ikan. Lalu, makanan kaya serat dari sayur dan buah-buahan serta konsumsi air putih dalam jumlah cukup. Makanan berserat dikatakan Aviria memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk kebugaran karena menahan udara dan memberikan rasa kenyang.

Saat sahur juga upayakan untuk membatasi makanan yang tinggi garam dan makanan awetan. Sebab, makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan intensitas rasa.

"Hindari makanan tinggi natrium/garam dan awetan makanan asupan garam yang terlalu tinggi menjadikan tubuh menarik cairan dari sel dan ini akan menyebabkan dehidrasi," tuturnya. 

Ia juga menyarankan untuk menghindari minuman dengan efek diuretik atau memicu buang air kecil seperti teh, kopi, dan minuman bersoda saat sahur. Dengan begitu dapat terhindar dari dehidrasi saat beraktivitas.

 

Berikut ini batas waktu makan sahur (imsak) untuk wilayah Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka, lengkap dengan waktu sholat 5 waktu. 

4 Ramadhan 1444 H / 25 Maret 2023

IMSAK  04:34 

SUBUH 04:44

TERBIT 05:55

DUHA 06:22

ZUHUR 12:05

ASAR 15:11

MAGRIB 18:07

ISYA' 19:16

Sementara, beberapa wilayah kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Bangka Barat +4 menit, Bangka Selatan -2 menit, Bangka Tengah -1 menit, Belitung -6 menit, Belitung Timur -9 menit.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut