get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Miliki Nilai Ekonomis, Sorgum Mulai Dikembangkan di Bangka Tengah

Jum'at, 17 Maret 2023 | 21:30 WIB
header img
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menanam Sorgum di lahan tidur milik Pemkab Bateng. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Miliki nilai ekonomis tinggi bagi petani, tanaman Sorgum mulai dikembangkan di Kabupaten Bangka Tengah. Pada tahap awal, pengembangan pertanian Sorgum dilakukan oleh Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Kabupaten Bangka Tengah dan didukung penuh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. 


Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman meninjau pemanfaatan Sorgum. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.
 
Dimana diketahui, seluruh bagian dari tanaman Sorgum dapat dimanfaatkan. Mulai dari akarnya yang bisa diolah menjadi jamu, batang muda dapat diolah menjadi sirup, dan daunnya dapat dijadikan makanan ternak.

Sedangkan untuk buah Sorgum sendiri, dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, khususnya menjadi pengganti nasi. 

Selain itu, tanaman ini juga dapat diolah sebagai bahan kerajinan yang juga memiliki nilai jual tinggi. 

"Hari ini (Jum'at 17/03/2023) kita bersama P4S Bangka Tengah melakukan penaman Sorgum di lahan tidur milik Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Kita akan maksimalkan lahan tidur yang tidak produktif untuk kita manfaatkan. Nantinya hasil dari Sorgum ini akan dikembangkan menjadi berbagai olahan, ada tadi yang menjadi makanan nuget, mie, dan dari semua bagian tanaman Sorgum ini dapat dimanfaatkan. Mulai dari bunganya, batanya hingga akarnya semua bermanfaat," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman pada Jumat (17/03/2023).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut