get app
inews
Aa
Read Next : Cara Mengatasi Masalah UI tidak Merespon pada HP

Apa itu Rooting di HP Android (Kelebihan dan Kekurangan, Serta Cara Cek HP Sudah di Root)

Rabu, 08 Februari 2023 | 18:53 WIB
header img
Apa itu Rooting HP di Android? Jawabannya bisa Anda temui dari ulasan berikut ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Apa Itu Rooting di HP Android? Anda akan menemukan jawabannya pada artikel berikut ini. Karenanya, simak ulasan lengkap tentang rooting sampai selesai, ya.

Bagi sebagian besar pengguna Android, tentu tidak asing dengan istilah Root atau Rooting. Root sendiri berasal dari bahasa Inggris, yang secara harfiah artinya adalah akar. 

Root dalam dunia teknologi adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menembus akar sistem pada sebuah OS atau Android. Artinya, si pengguna mendapatkan kendali atau akses penuh atas HP Android yang dipakai.

Android sejatinya memilikisistem operasi berbasis Linux, karenanya pengguna dapat memodifikasi sistem operasi ini sesuai keinginan alias open source. Hal ini lumrah dan boleh, karena pihak Google selaku pemilik Android tidak melarang pengguna memodifikasi sistem operasi mereka.

Namun demikian, ada beberapa produsen HP Android yang mengunci akses root secara default, dengan tujuan agar pengguna awam tidak melakukan kesalahan memodifikasi atau menghapus file penting, yang ujung-ujungnya akan menimbulkan error pada perangkat yang digunakan. Mengunci akses root ini disebut Lock Bootloader.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut