get app
inews
Aa Read Next : Batik Air Kembali Mengudara ke Bangka Belitung, Pj Gubernur Safrizal Harap Inflasi Semakin Turun

Deretan Maskapai yang Paling On Time di Dunia, Punya Indonesia Teratas

Sabtu, 28 Januari 2023 | 18:31 WIB
header img
Deretan maskapai paling on time atau tepat waktu bisa Anda simak dalam artikel berikut ini. Ternyata ada yang dari Indonesia. Foto: Istimewa.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Deretan maskapai penerbangan berikut ini dinyatakan paling on time atau tepat waktu di tahun 2022 lalu. Apa saja maskapai tersebut, simak ulasannya sampai selesai, ya!

Moda transportasi pesawat udara saat ini bukan menjadi barang asing bagi warga Indonesia. Di tengah kompetisi yang tinggi, sejumlah maskapai atau perusahaan transportasi udara kerap memberikan promo harga tiket murah.

Bagi calon penumpangnya, naik pesawat udara tentu adalah alternatif tersendiri disamping moda transportasi laut atau darat. Kecepatan dan ketepatan waktu yang menjadi alasan utamanya.

Nah, belum lama ini Official Airline Guide (OAG) pada laporan berjudul Punctuality League 2023, merilis daftar on-time performances maskapai-maskapai di dunia.

Data yang disajikan OAG terkait analisa penerbangan selama tahun 2022. Maskapai apa saja yang paling tepat waktu tersebut? Berikut ini ulasan singkatnya yang dilansir dari iNews.id, Sabtu (28/1/2023).

Maskapai Paling On Time di Dunia

1. Garuda Indonesia

Indonesia patut berbangga diri, soalnya salah satu BUMNnya yakni Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai penerbangan paling on time alias tepat waktu di tahun 2022.

Data Official Airline Guide (OAG) melaporkan, Garuda Indonesia meraih nilai on-time performance (OTP) 95,63 persen. Dengan raihan angka tersebut, Cancellation Rate atau tingkat pembatalan yang dimiliki tahun 2022 lalu adalah sekitar 0,61 persen, salah satu yang terendah di antara maskapai lainnya di dunia.

2. Safair

Berikutnya maskapai paling on time adalah Safair. Maskapai penerbangan di Afrika Selatan ini mencatatkan ketepatan waktu sebesar 95,30 persen.

Pencapaian tersebut membuatnya berada di peringkat kedua, tepat di bawah Garuda Indonesia.

Selain memiliki tingkat ketepatan waktu yang sangat tinggi, Safair juga memiliki tingkat pembatalan yang rendah. Pada tahun 2022, mereka memiliki Cancellation Rate sebesar 0,02 persen.

3. Eurowings

Maskapai paling on time selanjutnya ada Eurowings. Maskapai ini memiliki spesialisasi dalam rute penerbangan langsung ke Eropa.

Pada tahun 2022 kemarin, Eurowings mencatatkan on-time performance (OTP) 95,26 persen. Angka tersebut telah meningkat jauh sejak tahun 2019. Kala itu, Eurowings memiliki OTP 80,20 persen.

4. Thai AirAsia

 
Thai AirAsia memiliki ketepatan waktu atau on-time performance sebesar 92,33 persen. Selain itu, mereka juga mempunyai tingkat pembatalan paling rendah, yaitu 0,00 persen.

Catatan pada tahun 2022 ini sangatlah bagus apabila dibandingkan dengan tahun 2019. Saat itu, Thai AirAsia memiliki OTP 84,49 persen.

5. Jeju Airlines

Maskapai penerbangan paling on time berikutnya adalah Jeju Airlines. Mengutip laman resminya, mereka mengklaim sebagai maskapai bertarif rendah nomor satu di Korea.

Meski terbilang masih baru, Jeju Airlines terus melakukan inovasi tanpa menghilangkan identitasnya sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah.

Hal tersebut terbayarkan pada tahun 2022, dimana, Jeju Airlines berada di Top 5 jajaran maskapai dengan ketepatan waktu tertinggi di dunia.

Maskapai ini mencatatkan 91,84 persen OTP dengan tingkat pembatalan 0,33 persen.

6. All Nippon Airways

All Nippon Airways (ANA) dikenal sebagai maskapai penerbangan terbesar di Jepang. Sebagai anggota Star Alliance, mereka memiliki kemitraan dengan 35 maskapai lain dan punya akses ke 32 rute internasional di seluruh Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Menurut data Official Airline Guide (OAG), pada tahun 2022 All Nippon Airways mencatatkan on-time performance (OTP) sebesar 88,79 persen dengan tingkat Cancellation 1,36 persen.

7. Japan Airlines

 
Tak mau kalah dengan All Nippon Airways (ANA), Japan Airlines juga mencatatkan tingkat ketepatan waktu terbaik di antara maskapai-maskapai lainnya.

Dalam pemeringkatan OAG, mereka berada di posisi ke-7 dengan on-time performance (OTP) 88,07 persen. Angka tersebut diketahui telah meningkat dari tahun 2019 yang berada di 83,44 persen.

 

8. Copa Airlines

Copa Airlines, maskapai yang berbasis di Panama ini di tahun 2022, memiliki catatan ketepatan waktu 87,54 persen dengan tingkat pembatalan 0,45 persen.

9. Iberia

 
Beralih ke Spanyol, mereka memiliki Iberia Airlines yang menempati posisi kesembilan dalam daftar maskapai paling on time di dunia.

Tingkat on-time performance 86,54 persen, maskapai penerbangan ini hanya mempunyai 0,03 persen Cancellation Rate.

10. LATAM Airlines

 
Group LATAM Airlines Group memiliki tingkat OTP atau ketepatan waktu mencapai 85,03 persen. Selain itu, untuk tingkat pembatalannya sendiri adalah sekitar 1,38 persen.

Itulah tadi deretan maskapai yang paling on time di dunia.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut