Cuaca Ekstrem, Nelayan di Bangka Barat Kurangi Aktivitas Melaut

Rizki Ramadhani
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 13:05 WIB
Perahu milik nelayan yang tidak berani melaut karena cuaca buruk, terparkir di pinggir Pantai Batu Rakit Muntok. Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Nelayan di sekitar perairan Kabupaten Bangka Barat terpaksa harus mengurangi aktivitas melautnya. Hal ini dikarenakan cuaca ekstrem yang terjadi dalam kurun waktu satu bulan terakhir. 

Menurut salah satu nelayan di pesisir Pantai Batu Rakit Muntok, Kabupaten Bangka Barat Erwan, kondisi ini berdampak pada hasil tangkapan nelayan yang turun drastis dari keadaan normal. 

"Walaupun gelombang besar kami nelayan pinggir masih tetap melaut, cuma berani di jarak dekat saja. Kalau normal kita jaraknya sekitar 30 kilometer, kalau buruk gini setengah dari itu cuma 15 kilometer. Kalau tangkapan pasti berdampak, kalau di cuaca yang bisa kita tembus bisa ratusan kilogram, ini sekali pergi hanya 5-10 kilogram," ujar Erwan, Selasa (24/1/2023). 

Hal senada disampaikan oleh Abdul Hamid, yang masih bisa melaut di kondisi seperti ini ialah nelayan yang menggunakan kapal-kapal berukuran besar. 

"Bulan-bulan ini memang cuaca buruk dan gelombang air laut besar, jadi kami nelayan yang kecil-kecil ini susah untuk ke laut. Kalau jadwal mancingnya dari sore ke pagi, ya jelas tidak berani ke tengah, karena tinggi gelombangnya itu sekitar satu setengah meter," kata Abdul Hamid. 

 

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini