get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Pemuda di Pangkalpinang Sukses Budidaya Murai Batu usai di-PHK dari Honorer

Senin, 09 Januari 2023 | 10:16 WIB
header img
Pemuda di Pangkalpinang sukses budidaya murai batu usai di PHK sebagai tenaga honorer. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto.

"Awalnya itu dari hobi, setelah di PHK iseng-iseng menekuni usaha ini. Alhamdulillah kini penghasilan di atas Rp10 juta perbulannya," kata Pije, Senin (9/1/2023). 

Bukan tanpa rintangan, jatuh bangun merintis usahanya itu telah dilalui Pije hingga kini menemukan formula paten, untuk menghasilkan murai batu ekor panjang si petarung handal dengan gaya dan kicauan merdu. 

Saat ini ada 20 pasang indukan di kandang budidaya. 10 pasang sedang dalam masa produksi, sedangkan 10 pasang lainnya mengalami pergantian bulu atau yang dikenal dengan istilah mabung alias moulting dalam bahasa Inggrisnya, yang membuat indukan harus istirahat total. 

"Per kandang itu hasilnya tidak bisa diprediksi, ada yang dua hingga empat ekor anak murai batu, tapi rata-rata tiga ekor," ujarnya. 

Agar hasilnya maksimal, bayi murai yang berumur tiga hingga enam hari akan dipisahkan dengan induknya untuk meloloh atau proses memberi makan menggantikan induk burung. Bayi burung diberi pakan utama berupa telur kroto dan jangkrik. 

Proses meloloh bayi murai batu.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut