get app
inews
Aa Read Next : Cari Bibit Potensial, Mentok Community Soccer Gelar Turnamen Sepakbola U-11 dan U-13

Legenda Sepak Bola Italia, Gianluca Vialli Meninggal Dunia Akibat Kanker

Jum'at, 06 Januari 2023 | 22:50 WIB
header img
Gianlucca Vialli meninggal dunia di usia 58 tahun akibat kanker. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Legenda sepak bola Italia, Gianluca Vialli meninggal dunia usai berjuang melawan kanker. Mantan bintang Sampdoria, Juventus dan Chelsea itu meninggal dunia di usai 58 tahun. Dia mengakhiri kebersamaanya dengan Timnas Italia pada bulan lalu, untuk fokus mengatasi penyakit tersebut. 

Vialli pertama kali didiagnosis menderita kanker pankreas pada tahun 2017, tetapi baru benar-benar terungkap pada April 2020.

Vialli memainkan peran penting sebagai koordinator tim dalam kemenangan Italia di Euro 2020 bersama Roberto Mancini, teman dekatnya dan rekan setimnya di Sampdoria. 

Pada Desember 2021, mantan penyerang yang telah mencetak 16 gol dalam 59 caps dan mewakili Azzurri di dua Piala Dunia, mengonfirmasi kankernya kembali menyerang. 

Mendapati kondisinya yang semakin memburuk menjelang akhir tahun 2022 lalu, ibunya Maria Teresa dan kakaknya Nino bergegas ke London untuk menemaninya di rumah sakit.

"Anda akan dirindukan oleh banyak orang. Legenda bagi kami dan seluruh sepak bola. Beristirahatlah dalam damai, Gianluca Vialli," cuit mantan klubnya, Chelsea di akun Twitter @ChelseaFC, Jumat (6/1/2023).

Graeme Souness, yang bermain bersama Vialli di Sampdoria, tampak emosional saat memberikan penghormatan kepada mantan rekan setimnya.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda betapa baiknya dia. Lupakan sepak bola, dia hanya jiwa yang cantik. Dia hanya manusia yang benar-benar baik. Dia luar biasa berada di sekitar. Dia pria yang suka bersenang-senang, penuh kenakalan, pesepakbola yang luar biasa, dan manusia yang hangat," ujarnya dilansir dari Sky Sport.

“Orang-orang akan mengatakan hal-hal tentang kemampuan sepak bolanya yang luar biasa, dan memang benar demikian, tetapi di atas semua itu adalah manusia yang luar biasa. Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarganya. Anak-anak diberkati memiliki ayah seperti itu, istrinya diberkati menikah dengan pria seperti itu," ucapnya.

Federasi Sepak Bola Italia sendiri mengumumkan bahwa semua pertandingan di bawah yurisdiksi mereka akhir pekan ini akan didahului dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati Vialli.

"Saya sangat sedih. Saya berharap sampai saat terakhir dia bisa melakukan keajaiban lagi, namun saya terhibur dengan kepastian bahwa apa yang dia lakukan untuk sepak bola Italia dan seragam biru tidak akan pernah terlupakan," kata Presiden Federasi Italia, Gabriele Gravina.

"Gianluca adalah orang yang luar biasa dan meninggalkan kekosongan yang tidak dapat diisi di tim nasional dan semua orang yang menghargai kualitas kemanusiaannya yang luar biasa," katanya.

Vialli memulai karir profesionalnya di klub kampung halaman Cremonese sebelum menjadi bintang untuk Sampdoria dan Juve, memenangkan gelar Serie A dengan keduanya.

Vialli kemudian bergabung dengan Chelsea dengan status gratis pada 1996, saat Ruud Gullit melanjutkan revolusi di Stamford Bridge, membangun karya Glenn Hoddle. Sayang, hubungannya dengan pelatih asal Belanda itu memburuk dan dia sering tersisih dari starting line-up. 

Tapi dia mencetak dua gol dalam kemenangan comeback 4-2 atas Liverpool di putaran keempat Piala FA di jalan menuju Wembley, yang memuncak dengan kemenangan atas Middlesbrough di final Mei 1997. 

Menyusul pemecatan Gullit awal tahun berikutnya, Vialli mengambil peran sebagai pemain-manajer dan memimpin tim London itu meraih kesuksesan di Piala Liga dan Piala Winners Eropa. 

The Blues juga memenangkan Piala Super dan finis ketiga di Liga Premier musim berikutnya, sebelum mengangkat Piala FA pada Mei 2000. 

Musim 2000-01 dimulai dengan kemenangan atas Manchester United di Community Shield, yang dikenal sebagai Charity Shield pada saat itu, tetapi Vialli dipecat hanya beberapa minggu kemudian saat Chelsea berjuang untuk mendapatkan performa terbaiknya. 

Setelah beberapa waktu istirahat, dia mengambil kendali di Watford pada 2001-02 saat klub Hertfordshire membuat perubahan besar dan mahal pada staf permainan dan pelatih. 

Tetapi ketika Hornets finis di urutan ke-14 yang mengecewakan di Kejuaraan, Vialli dibebaskan dari tugasnya dan kemudian dipindahkan ke pekerjaan sebagai pengamat. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut