get app
inews
Aa Read Next : Penghasilan Bulan Tertentu untuk Kepala Desa, BPD, dan Perangkat Desa se-Bangka Tengah Cair Hari Ini

Kampung Keluarga CIKAR, Inovasi Pemprov Babel Berdayakan Desa

Kamis, 01 Juli 2021 | 08:58 WIB
header img
Gubernur Erzaldi Rosman saat memulai presentasi inovasi program daerah Kampung CIKAR. (Foto: Humas)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial di Bangka Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) membuat inovasi kebijakan dengan menjadikan 90% desa dan kelurahan potensial sebagai Kampung Keluarga Cerdas, Inovatif, Kreatif, Aktif, dan Responsif atau yang disingkat dengan Kampung Keluarga CIKAR.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Erzaldi Rosman saat memulai presentasi inovasi program daerah dihadapan 11 orang tim juri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI yang turut didampingi oleh Kepala DP3ACSKB, Asyraf Suryadin dan Kepala BKPSDM, Susanti yang bertempat di Ruang Vidcon Gubernur, Jumat (1/7/2021).

Saat ini, program Kampung Keluarga CIKAR masuk pada jajaran top 99 besar yang mampu mengalahkan ribuan program inovasi dari seluruh Indonesia. Adapun presentasi kali dalam rangka mewujudkan program Kampung CIKAR menuju top 45.

Gubernur Erzaldi mendukung penuh keberlanjutan program inovasi yang menyasar seluruh golongan, khususnya kelompok rentan, seperti perempuan, anak dan lansia tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Babel. 

Dirinya memaparkan bahwa pokok permasalahan yang kerap terjadi di Babel diantaranya perkawinan anak usia dini, stunting, putus sekolah, perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, serta permasalahan seputar keluarga. Akhirnya mendorong Pemprov. Babel berinovasi membuat program Kampung Keluarga CIKAR.

Lebih jauh Gubernur menjelaskan bahwa kunci dari keberhasilan program Kampung Keluarga CIKAR ini terletak pada sinergitas beberapa stakeholder atau Perangkat Daerah (PD) yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. 
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut